2 Tersangka Nenek-Nenek Tipu Warga Rp 852 Juta Modus Jual Beli Tanah

Media Apakabar.com
Selasa, 14 Mei 2024 - 10:00
kali dibaca
Kedua pelaku ketika diamankan petugas kepolisian.(Istimewa).

Mediaapakabar.com
- Polda Sumut mengamankan dua tersangka nenek-nenek dalam kasus penipuan jual beli tanah sebesar Rp 852 juta. Keduanya telah lama menjadi buronan polisi.

Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengatakan penipuan itu terjadi pada 2021. Sementara kedua pelaku baru ditangkap pada Rabu (08/05/2024) karena lama buron. 

Kedua nenek-nenek itu, yakni Aja Masita (66) warga Jalan Gaharu dan Elvira (59) warga Jalan Kiwi VII, Kecamatan Percut Sei Tuan.

" Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut menangkap dua wanita paruh baya yang selama ini menjadi DPO tersangka penipuan penggelapan," ungkapnya pada Senin (13/05/2024).

Kejadian berawal saat korban Rosnani Siregar (68) dipertemukan oleh kakaknya dengan kedua pelaku. Mereka mengaku memiliki tanah seluas 20 hektare di Jalan Flamboyan, Kecamatan Medan tuntungan. 

Merasa yakin, korban pun memberikan uang sebanyak Rp 852 juta kepada para pelaku secara bertahap. " Pada 1 Februari 2021, di kantor notaris dibuatlah surat pelepasan hak dengan ganti rugi antara korban dengan tersangka serta meminta uang untuk segala keperluan surat-surat. Total penyerahan uang jual beli tanah yang diberikan korban kepada para tersangka Rp 852 juta," jelasnya.

Setelah uang itu diserahkan, para pelaku tidak juga kunjung menunjukkan objek tanah yang dibeli korban itu. Belakangan, korban baru mengetahui bahwa dirinya telah ditipu.

" Korban yang merasa ditipu itu pun melaporkan kasusnya ke Mapolrestabes Medan pada 6 Agustus 2021," ujar mantan Kapolres Biak Papua tersebut.

Pihak kepolisian yang menerima laporan itu lalu menyelidikinya dan memburu keberadaan para pelaku. Namun, keduanya kabur hingga ditetapkan menjadi DPO. Belakangan, para pelaku ditangkap di Pekanbaru, Riau.

" Hasilnya, Tim Jatanras Polda Sumut mengetahui keberadaan kedua orang DPO itu di Pekanbaru, Riau dan bergerak menangkapnya," sebutnya.

Usai ditangkap, kedua pelaku dibawa ke Polda Sumut untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Hadi juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

" Para pelaku dibawa ke Mapolda Sumut untuk menjalani pemeriksaan. Kami imbau masyarakat waspada terhadap berbagai modus penipuan karena para pelaku tidak mengenal usia," pungkasnya. (MC/ZF)

Share:
Komentar

Berita Terkini