Saat Arus Mudik Polda Sumut Catat 41 Kasus Laka Lantas Dan 10 Meninggal Dunia

Media Apakabar.com
Jumat, 12 April 2024 - 12:31
kali dibaca
Foto: Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi 

Mediaapakabar.com
- Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mencatat terjadi 41 peristiwa kecelakaan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2024. 

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan jumlah peristiwa kecelakaan itu berdasarkan data Command Center Polda Sumut. 

" Data jumlah kecelakaan ini terhitung sejak 4 - 8 April 2024," sebutnya pada pers, Selasa (09/04/2024). 

Dia menyebut dari 41 kasus itu yang menyebabkan sepuluh orang meninggal dunia, 19 orang luka berat dan 51 lainnya luka ringan. Sedangkan untuk kerugian materil dari jumlah kecelakaan tersebut mencapai Rp 185,7 juta. 

" Kami terus mengimbau kepada para pengemudi agar tidak mengemudi dalam kondisi di bawah pengaruh minuman keras dan obat-obat terlarang. Tindakan tersebut berisiko terhadap keselamatan diri sendiri dan pengemudi lainnya," ujarnya. 

Mantan Wadir Lantas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) itu juga mengatakan untuk menekan angka kecelakaan lalu 
lintas selama arus mudik Lebaran, pihaknya bersama jajaran dan pemangku kepentingan lainnya mengintensifkan pemeriksaan urine terhadap sopir moda transportasi. 

Diharapkan para pengemudi dalam keadaan sehat, serta aman dan nyaman bagi penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

Selain itu, Kombes Hadi mengatakan Command Center Polda Sumut mencatat, arus lalu lintas paling padat saat mudik 
terjadi di antaranya wilayah Polres Labuhanbatu Selatan tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman 2, Kota Pinang, Kecamatan Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan. 

" Hal ini terjadi karena tingginya intensitas volume kendaraan yang melintas terutama dari arah Provinsi Riau," katanya. 
Wilayah selanjutnya, menurut Hadi di Kabupaten Labuhanbatu Utara yang terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Kilometer 48-75 Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara terjadi kepadatan lalu lintas mencapai tiga Kilometer. 

Dia mengatakan seluruh personil Polda Sumut dan jajaran terus bekerja untuk mengurai titik kemacetan dan melakukan rekayasa arus lalu lintas. 

" Posko akan terus mengendalikan situasi dan kondisi lapangan, beberapa ruas jalan yang padat sejauh ini bisa terurai dengan baik, diimbau pemudik untuk tetap mematuhi petunjuk dan arahan petugas di lapangan," pungkasnya. (MC/RED)
Share:
Komentar

Berita Terkini