Anggota DPRD Medan: Berobat ke Rumah Sakit Cukup Bawa KK dan KTP

REDAKSI
Kamis, 04 April 2024 - 17:37
kali dibaca
Ket Foto: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan H. Mulia Asri Rambe SH.

Mediaapakabar.com
- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan H. Mulia Asri Rambe SH mengatakan saat ini masyarakat tidak perlu khawatir jika sakit, cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK), lalu datang ke rumah sakit.

Sebab Pemerintah Kota (Pemko) Medan telah menjamin kesehatan warganya lewat program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB).

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution telah meluncurkan program kesehatan gratis bagi warganya lewat program tersebut, Rabu (3/4).

Hal ini dikatakannya, Kamis (4/4), menyahuti keluhan masyarakat yang sakit tapi tidak punya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Sampai hari ini saya banyak mendapat pengaduan dari warga baik yang ketemu langsung, via telepon maupun whatsAppdari warga terkait masalah kesehatan,” sebutnya. 

Dimana lanjutnya, yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Medan ini, banyak warga yang mengeluh tidak bisa berobat, karena tidak memiliki BPJS Kesehatan, atau iuran BPJS Kesehatannya nunggak, sehingga tidak bisa berobat ke rumah sakit.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena Pemerintah Kota (Pemko)  Medan sudah menjamin kesehatan warganya lewat program UHC JKMB.

“Dengan program ini masyarakat Kota Medan bisa berobat ke rumah sakit di Kota Medan dengan menggunakan KTP maupun KK,” sebut dia.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan

Dimana dalam Perda tersebut ditegaskan Pemko Medan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang aman, adil terjangkau dan terbuka kepada masyarakat secara merata.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir jika sakit, cukup membawa KTP maupun KK lalu datang ke rumahsakit, Walaupun BPJS Kesehatannya nunggak atau tidak terdaftar, masyarakat tetap bisa berobat,” pungkasnya. (MC/RED)
Share:
Komentar

Berita Terkini