Sidang Isbat Ramadan 2024, Berikut Jadwal, Tahapan dan Link Live Streaming

Media Apakabar.com
Minggu, 10 Maret 2024 - 16:57
kali dibaca
Gedung Kantor Kemenag RI, tempat sidang isbat Ramadan 2024/Foto: Dok. Kemenag RI

Mediaapakabar.com
- Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan 2024 pada Minggu (10/03/2024). 

" Sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin pada pers ketika Rapat Persiapan Awal Ramadan di Jakarta. 

Dikutip laman resmi Kemenag, sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu daring dan luring. Berikut ini jadwalnya.

Hari/Tanggal: Minggu, 10 Maret 2024
Waktu: Pukul 17.00 WIB Lokasi: Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang isbat tersebut akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Sidang juga turut menghadirkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pimpinan MUI, dan Komisi VIII DPR RI.

Sebagaimana yang disampaikan dalam laman resmi Kemenag, rangkaian acara sidang isbat Ramadan 2024 terbagi menjadi tiga tahap. 

Tahap pertama sidang isbat yakni pemaparan posisi hilal (bulan) Ramadan 1445 H melalui hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Pemaparan posisi hilal akan dimulai dari pukul 17.00 WIB. Sesi ini juga dibuka untuk umum dan disiarkan secara langsung pada Channel YouTube Bimas Islam.

Lalu, penetapan 1 Ramadan 1445 H akan digelar secara tertutup setelah salat Magrib. Penetapan awal Ramadan akan didasarkan pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yaitu pemantauan bulan secara langsung dari Tim Kemenag pada 134 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Hasil pantauan itu dijadikan sebagai konfirmasi penentuan hilal berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Terakhir, pemerintah akan menyelenggarakan konferensi pers untuk mengumumkan hasil sidang isbat, sebagai penentuan awal Ramadan 1445 H. Konferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Bagi yang belum berkesempatan memantau hilal secara langsung, jangan khawatir. Sebab, Kemenag akan mengadakan live streaming, baik pemantauan hilal maupun sidang isbat.

Live streaming sidang isbat penentuan awal Ramadan 2024 dapat diakses melalui situs resmi Kemenag. (MC/ZF)

Share:
Komentar

Berita Terkini