133 Cakim Agung Lolos Seleksi AdministrasI

Daniel Gultom
Sabtu, 02 Maret 2024 - 10:38
kali dibaca

Mediaapakabar.com
- Komisi Yudisial (KY) menyatakan 133 calon hakim (Cakim) agung dan 20 ad hoc HAM di Mahkamah Agung (MA) lolos seleksi administrasi dalam rapat pleno KY pada Rabu (28/02/2024). 

" Setelah melakukan penelitian dan verifikasi berkas administrasi, Komisi Yudisial RI mengumumkan nama-nama calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA yang memenuhi persyaratan administrasi," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY M. Taufiq HZ, Jumat (01/03/2024).

Sebelumnya, KY menutup pendaftaran seleksi tersebut di Selasa (27/02/2024).                 
Para calon yang lolos seleksi administrasi itu terbagi atas, 59 orang di kamar Pidana, 31 
orang di kamar Perdata, 24 orang di kamar Agama, delapan orang di kamar Tata Usaha Negara dan 11 orang di kamar Tata Usaha Negara khusus pajak serta 20 orang calon hakim ad hoc HAM di MA.

" Para calon yang lulus selanjutnya mengikuti seleksi kualitas yang akan dilaksanakan pada Kamis sampai Jumat (7-8 Maret 2024) di Jakarta," sebutnya. 

Ia menerangkan bahwa materi seleksi yang akan diujikan seperti karya tulis di tempat, studi kasus hukum, studi kasus KEPPH, dan tes objektif.                                 

Calon hakim agung yang mengikuti seleksi kualitas, wajib menyerahkan karya profesinya dalam bentuk soft copy (PDF) dan surat rekomendasi dari tiga orang yang mengetahui integritas, kualitas (kapasitas) dan kinerja calon hakim agung. 

Setelah itu, soft copy dan surat rekomendasi tersebut dapat dikirimkan melalui surel rekrutmen@komisiyudisial.go.id, maksimal Jumat, 1 Maret 2024. 

Peserta juga diwajibkan untuk menyerahkan berkas asli saat hari seleksi kepada panitia. " Keputusan kelulusan seleksi administrasi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA ini tidak dapat diganggu gugat. Calon yang lulus seleksi administrasi, tetapi tidak mengikuti seleksi kualitas dinyatakan gugur,” jelasnya.

Dalam melancarkan proses rekrutmen ini, KY berharap masyarakat dapat berkontribusi memberikan informasi seputar rekam jejak para kandidat, melalui surel rekrutmen@komisiyudisial.go.id atau secara langsung di Jalan Kramat Raya Nomor 57, Jakarta Pusat, maksimal 23 April 2024.

" KY juga menegaskan agar peserta seleksi diminta mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu keberhasilan atau kelulusan dalam proses seleksi,” tegasnya.

Pengumuman di atas berkaitan dengan surat nomor 05/PENG/PIM/RH/01.02/02/2024 tentang Hasil Seleksi Administrasi Calon Hakim Agung Tahun 2024 dan Nomor 06/PENG/PIM/RJ.04.02/02/2024 tentang Hasil Seleksi Administrasi Calon Hakim ad hoc HAM di MA Tahun 2024. (MC/REL)

Share:
Komentar

Berita Terkini