TKN Tegaskan Prabowo-Gibran Siap Hadapi Debat Pilpres Pertama

REDAKSI
Minggu, 03 Desember 2023 - 14:42
kali dibaca
Ket Foto: Prabowo dan Gibran.

Mediaapakabar.com
Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, memastikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming siap menghadapi debat pertama yang digelar beberapa hari mendatang. Ia memastikan keduanya tidak akan menyerang paslon lain saat beradu pendapat.

"Pasangan Prabowo-Gibran kami pastikan tidak akan memakai strategi menyerang paslon lain saat debat capres dan cawapres pertama 12 Desember yang akan datang," kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (3/12/2023).


Baca juga:Ganjar soal Format Beda Debat Cawapres: Saya Siap Skenario Apapun


Habiburokhman menyebut Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Cak Imin juga merupakan kandidat terbaik. Menurutnya, keduanya merah putih sejati yang akan melakukan yang terbaik untuk Indonesia.


"Kami yakin bahwa Pak Ganjar, Pak Mahfud, Pak Anies serta Pak Muhaimin adalah putra putra terbaik bangsa, idealisme mereka dan hati mereka pasti sama dengan paslon kami yakni merah putih sejati dan ingin melakukan hal-hal yang terbaik untuk bangsa dan negara kita," ucapnya.


Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini menyampaikan Prabowo dan Gibran sangat siap dengan tema debat yang akan datang, yakni soal hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.


"Paslon kami sudah tidak sabar untuk menyampaikan visi, misi, program, serta gagasan gagasan terkait tema tersebut di atas. Secara umum kami yakin bahwa negara yang besar, disegani, dihormati bangsa-bangsa lain adalah negara yang mampu mensejahterakan rakyatnya, dimana hukum dan HAM serta demokrasi ditegakkan dan korupsi diberantas secara maksimal," ujar Habiburokhman.


Kemudian, Waketum Partai Gerindra ini juga menyampaikan program-program Prabowo-Gibran berkaitan dengan penegakan hukum. Dia menyebut salah satu keinginan Prabowo-Gibran yakni menyempurnakan reformasi di bidang hukum pidana.


"Terkait penegakan hukum kami ingin melanjutkan dan menyempurnakan reformasi bidang hukum pidana yang sedang berlangsung saat ini di antaranya dengan disahkannya KUHP, di bidang pemberantasan korupsi kami akan memaksimalkan sinergi tas edukasi, pencegahan dan penindakan korupsi. Khusus untuk penanganan penyalahgunaan narkoba, kami akan memperkenalkan program pendekatan rehabilitatif terhadap penyalahgunaan narkoba," tutur dia.


Prabowo-Gibran Siap Debat Sesuai UU Pemilu dan PKPU


Sementara itu, Wakil Ketua TKN lainnya, Juri Ardiantoro juga menegaskan hal yang sama. Dia memastikan Prabowo dan khususnya Gibran siap untuk berdebat sesuai dengan UU Pemilu dan PKPU.


"Tuduhan bahwa Cawapres Gibran Rakabuming Raka tidak siap berdebat adalah framing menyesatkan. Cawapres Gibran siap berdebat sesuai dengan format UU Pemilu dan Peraturan KPU, dimana baik dalam Penjelasan Pasal 277 Ayat (1) UU No. 7 Tahun 2017 maupun Pasal 50 PKPU No.15 tahun 2023 isinya sama, yakni debat Pasangan Calon dilaksanakan 5 (lima) kali' adalah dilaksanakan 3 (tiga) kali untuk calon Presiden dan 2 (dua) kali untuk calon Wakil Presiden," ujar dia.


Meski begitu, Juri menyebut, berdasarkan UU dan PKPU, dalam debat capres dan cawapres harus selalu dihadirkan. Dia mengatakan itu demi menunjukkan bahwa keduanya merupakan satu kesatuan.


"Debat capres maupun cawapres, baik UU maupun PKPU selalu menegaskan bahwa yang dimaksud debat adalah debat pasangan calon, karena memang peserta pilpres adalah pasangan calon. Sehingga tidak salah dan memang seharusnya dalam setiap debat pasangannya dihadirkan untuk memastikan bahwa pasangan capres cawapres adalah satu kesatuan, baik saat pilpres maupun saat sdh ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden," tuturnya.


"Yang pasti, apapun format yang ditentukan oleh KPU sebagai pelaksana UU, pasangan Calon Prabowo-Gibran siap mengikutinya. tidak ada keraguan, apalagi kekhawatiran utk berdebat dengan dua pasangan calon lainnya," pungkasnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini