Hasil Ujian UKW Diumumkan, PWI Sumut: Dari 51 Peserta, 8 Belum Kompeten

REDAKSI
Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:02
kali dibaca
Ket Foto: Uji Kompetensi Wartawan Angkatan ke-64 dan ke-65 yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara di Hotel Madani, Medan.

Mediaapakabar.com – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-64 dan ke-65 yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) di Hotel Madani, Medan, Kamis – Jumat (14-15/12/2023), berlangsung sukses.


Dari hasil ujian, Jumat sore, PWI Sumut mengumumkan hasilnya, dari 51 peserta, ada 8 peserta yang belum kompeten atau lulus uji kompetensi, dan 4 peserta dinyatakan Kompeten Utama.


Ketua tim penguji UKW PWI Sumut angkatan ke 64 dan ke 65, M Syahrir, mengumumkan, dari 58 peserta UKW hanya dihadiri 51 peserta, dan 8 diantaranya belum kompeten (tidak lulus) dan 3 orang didiskualifikasi karena terlambat dan salah menempatkan posisi kelas. 


“Yang kompeten 40 orang dan tidak kompeten 8 orang,” kata M Syahrir.


M Syahrir mengatakan, untuk Nasional pelaksanaan UKW merupakan UKW yang ke-770 dan ke-771. Dari hasil UKW terakhir, jumlah seluruh wartawan di Indonesia yang sudah Kompeten sebanyak 18.113 orang dari berbagai katagori Muda, Madya dan Utama.


Sementara, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan selamat kepada yang lulus dan kepada yang belum kompeten agar jangan patah semangat.


“Tahun depan dapat ikut ujian lagi. Untuk itu dapat belajar dan pahami tugas jurnalistik,” ujar Farianda seraya menambahkan, PWI Sumut tetap komit mengutamakan kualitas profesional wartawan yang beretika.


Sedangkan Ketua PWI Pusat yang diwakili Direktur UKW Firman Komar mengatakan, pihaknya sedang menyelaraskan pendidikan dengan UKW sehingga terintegrasi menjadikan wartawan yang profesional. 


“Dan yang sudah UKW kita harapkan wartawan sudah memahami Kode Etik Jurnalistik,” katanya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini