Anggota Bawaslu RI Temui Keluarga Tersangka OTT Pemerasan Caleg di Medan

REDAKSI
Jumat, 01 Desember 2023 - 18:11
kali dibaca
Ket Foto: Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty. 

Mediaapakabar.com
Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty menemui keluarga anggota Bawaslu Medan nonaktif Azlansyah Hasibuan di Medan. Azlan merupakan tersangka kasus dugaan pemerasan caleg yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polda Sumut.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang. Awalnya Suhadi mengatakan jika pihaknya menghormati proses hukum yang dilakukan oleh kepolisian.


"Bawaslu Sumatera Utara menghargai proses hukum yang dilakukan oleh penyidik kepolisian terhadap kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh oknum Bawaslu Kota Medan," kata Suhadi di Medan, Jumat (1/12/2023).


Bawaslu Sumut, kata Suhadi, memberikan pendampingan kepada Azlan. Saat ini status Azlan masih tersangka dan Polda Sumut belum melimpahkan berkas ke kejaksaan.


"Sekarang sedang proses, Bawaslu Sumatera Utara memberikan pendampingan terhadap anggota Bawaslu Kota Medan. Statusnya masih tersangka dan belum pelimpahan kepada kejaksaan," ucapnya.


Setelah itu, Suhadi mengaku jika dia menemani Lolly Suhenty ke rumah Azlan. Hal itu dilakukan untuk memberikan semangat kepada keluarga.


"Tadi malam juga pimpinan Bawaslu RI saya dampingi ke rumah keluarga Azlan memberikan semangat, karena pada sisi lain publik dan hukum juga harus menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah sebelum ada keputusan hukum yang berkekuatan tetap," ucapnya.


Sebelumnya diberitakan, Polda Sumut melakukan OTT kepada Azlan bersama 2 warga sipil lainnya di Hotel JW Marriott Medan, Selasa (14/11) malam. Dalam OTT tersebut, Polda mengamankan uang sebesar Rp25 juta.


Polda kemudian menetapkan Azlan dan Fahmy Wahyudi Harahap sebagai tersangka pemerasan caleg. Bawaslu RI akhirnya menonaktifkan Azlan dari Bawaslu Medan.


Sebanyak 12 orang telah dipanggil Polda Sumut untuk diambil keterangannya. Termasuk seluruh anggota Bawaslu Medan. (DTS/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini