Pengurus Organisasi Pemuda IYD LC Periode 2023-2024 Resmi Dilantik

REDAKSI
Senin, 16 Oktober 2023 - 21:26
kali dibaca
Ket Foto: Pengurus baru Indonesia Youth Diplomacy Local Chapter (IYD LC) Sumatera Utara resmi dilantik.

Mediaapakabar.com
Indonesia Youth Diplomacy (IYD) adalah organisasi pemuda nirlaba yang bertujuan untuk mempromosikan paparan internasional dan mendorong pemberdayaan inklusif bagi pemuda Indonesia untuk menjadi suara yang berpengaruh di tingkat nasional dan internasional.

Agenda yang telah terlaksana di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara, resmi menetapkan Shanaz Salsabila Al Zamru dan Dwi Laila Shafira sebagai Co-Chair Indonesian Youth Diplomacy Local Chapter Priode 2023/2024.


Ketua Forum PPAS SUMUT, Handerman Vitu, melalui Keynote Speech beliau menyampaikan dengan adanya IYD LC North Sumatera sangat membantu dan diharapkan agar IYD LC North Sumatera dapat berkolaborasi dengan pemerintah.


"Jadi di suatu kegiatan internasional dan sumatera utara bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan internasional," ujarnya.


Selain pelantikan, IYD LC North Sumatera juga melakukan Talkshow Kepmudaan dengan tema Youth Diplomacy : Promote Positive Change and Innovation International Relation, dengan kedua speaker Michael Victor Sianipar selaku Chair Indonesia Youth Diplomacy Pusat dan Berkat Sudin Anton Gea selaku Indonesian Youth Delegation for several International Forum.


Chair Of Indonesian Youth Diplomacy, Michael Viktor Sianipar menyampaikan melalui pengukuhan badan pengurus IYD LC North Sumatera, bahwa peran pemuda sumatera utara harus ada karena IYD LC North Sumatera sendiri baru dirintis.


"Semoga IYD LC North Sumatera dapat memberikan informasi mengenai kegiatan internasional dan dapat mengikuti forum internasional karena sebelum adanya IYD LC SUMUT banyak pemuda yang tidak tahu tentang kegiatan internasional tersebut," ungkapnya.


Penyeleksian generasi IYD LC Sumut melalui open recruitment pengurus yang terbuka pada seluruh pemuda di Sumut dengan tiga penempatan divisi yaitu Program and Partnership, Media and Creative, dan Information Technology.


Setelah dilakukannya berbagai tahapan seleksi terpilih beberapa pemuda dari berbagai daerah yang kemudian dilantik secara langsung oleh Chair Indonesian Youth Diplomacy, Michael Victor Sianipar.


“Berharap untuk IYD LC Sumut bersama dengan pemerintah provinsi untuk bisa memprakarsai dan menjadi jembatan untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah provinsi sumatera utara” Harapnya.


Untuk mengkapitalisasi ketertarikan pemuda yang ada di sumatera utara mengenai isu-isu internasional, Pemerintah daerah tidak hanya fokus di daerah saja.


"Pemda harus dapat memanfaatkan pemuda daerah untuk berdiplomatik karena akan banyak kunjungan dari luar negeri ke Indonesia terutama ke daerah-daerah, bisa bersinergi dan aksesibel terhadap dunia internasional untuk kunjungan duta besar ke sumatera utara," ungkapnya.


Harapan IYD pusat terhadap IYD LC North Sumatera yaitu menjajaki komunikasi dan bisa ikut kegiatan di luar negeri.


Medan sebagai center sumatera utara harapannya bisa menjadi center dalam pengembangan IYD.


"harus bisa membuka cakrawala muda karena banyak peluang dan tanggung jawab Indonesia di forum dunia, serta ekspektasi negara-negara lain meningkat, sehingga sikap Indonesia melalui pemuda dengan adanya kepekaan pemuda yang ada di Indonesia," ungkas Michael.


Pelantikan tersebut turut dihadiri Chair Of Indonesian Youth Diplomacy Michael Victor Sianipar, Techincal Asisstant BKKBN Sumut Handerman Vitu Gea dan 10 Komunitas/ Organisasi Kepemudaan di Sumatera Utara.


Berikut nama-nama pengurus yang dilantik Youth Diplomacy Local Chapter


- Shanaz Salsabila Al Zamru (Co-Chair I)

- Dwi Laila Shafira (Co-Chair 2)

- Berkat Sudianto Gea (Secretary)

- Zahira Salsabila (Treasurer)

- Yudhistira Fuad Fadli Simanjuntak (Head of Information Technology Division)

- Muhammad Syahputra (Secretary of Information Technology Division)

- Rangga Daffa Khairullah Acch (Information Technology Division)

- Siti Aisah Hasibuan (Head of Program and Partnership Division)

- Salsabyla Ramadhan Putri Harahap (Secretary of Program and Partnership Division)

- Cindy Teresa Nabasa Munthe (Program and Partnership Division)

- Elvira Putri Anshary (Program and Partnership Division)

- Tirzah Charity Sinaga (Program and Partnership Division)

- Joyce Hannah Rae Halawa (Head of Media and Creative Division)

- Suci Anggreyni Br Sembiring Pelawi (Secretary of Media and Creative Division)

- Saqina Noor Pasha Tanjung (Media and Creative Division). (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini