Harga Daging Ayam di Kota Medan Kembali Naik

REDAKSI
Minggu, 15 Oktober 2023 - 02:47
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Harga daging ayam di Medan kembali melanjutkan tren kenaikan. Mengacu kepada data PIHPS, harga daging ayam pada hari ini di kota Medan naik menjadi rata rata 33.400 per Kg, dari posisi sebelumnya 32.300 per Kg nya.

“Harga daging ayam yang naik saat ini sejalan dengan kekuatiran saya sebelumnya bahwa harga masih memiliki tren naik hingga awal bulan November mendatang,” ujar Gunawan Benjamin, pengamat ekonomi Sumatera Utara, kepada wartawan Sabtu, (14/10/2023) di Medan.


Disebutkan Gunawan, ekspektasi kenaikan harga daging ayam ini didasarkan pada perhitungan indeks produksi di bulan September sebelumnya. 


Namun belakangan ini indeks produksinya (oktober) juga mengalami penurunan yang memicu ekspektasi bahwa harga daging ayam akan bertahan mahal dan masih berpeluang untuk naik.


Di sisi lainnya, jika terjadi pembelian daging ayam dengan jumlah yang signifikan seperti untuk kebutuhan bantuan sosial dalam bentuk pangan. 


"Maka dikuatirkan harga bisa naik lagi. Dan saat ini harga pakan telah mengalami kenaikan sejak awal bulan oktober sekitar 100 rupiah per Kg. Sementara untuk jelang Nataru nanti, harga bisa saja turun," katanya.


Dengan beberapa asumsi seperti peternak yang mempersiapkan pasokan lebih banyak untuk mendukung konsumsi selama Nataru. Dan situasi dimana harga pakan tidak lagi mengalami kenaikan. 


Dinamika harga daging ayam nantinya akan sangat dipengaruhi oleh 3 hal. Pertama harga pakan, kedua konsumsi masyarakat, dan ketiga pasokan ayam di peternak (kandang).


Daging ayam di bulan ini sangat potensial menyumbang inflasi. Sementara untuk harga cabai merah yang belakangan mengalami penurunan akan menyumbang deflasi pada bulan November. Harga cabai merah di kota Medan saat ini ada yang dijual di kisaran 28 ribu per Kg. Trennya turun seiring dengan meningkatnya sisi pasokan.


Untuk sejumlah komoditas lainnya seperti bawang merah dan gula pasir berpeluang menyumbang inflasi pada bulan November. Harga bawang merah rata rata naik menjadi 27 ribu per Kg. 


"Namun beras sangat potensial menjadi penyumbang deflasi di bulan ini. Harga beras stabil dengan kecenderungan turun saat ini. Beras medium ke bawah di Sumut turun harga meskipun dalam kisaran angka yang sangat kecil," pungkasnya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini