Dipercaya Jabat Kajari Medan, Sosok Muttaqin Harahap Peraih Penghargaan Terbaik Penanganan Korupsi

REDAKSI
Minggu, 22 Oktober 2023 - 14:09
kali dibaca
Ket Foto : Muttaqin Harahap SH MH.

Mediaapakabar.com
Muttaqin Harahap SH MH dipercaya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan. Ia akan menggantikan Wahyu Sabrudin yang dipromosikan menjabat sebagai Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah (Jateng) di Semarang.


Promosi jabatan tersebut tertuang berdasarkan surat keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-IV-498/C/10/2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kejaksaan RI.



Dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan Dr Bambang Sugeng Rukmono dan ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 9 Oktober 2023, memuat daftar nama sebanyak 232 jaksa, satu di antaranya Muttaqin Harahap. 



Muttaqin Harahap dalam waktu dekat akan melepaskan jabatannya sebagai Asisten Intelijen (Asintel) di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Ia akan digantikan oleh Ajie Prasetya yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Indramayu.



Sosok Muttaqin Harahap Putra Asal Padangsidimpuan 



Diketahui, sejak dipercaya mengemban tugas sebagai Kepala Kejaksaan Negeri, kinerja Muttaqin Harahap sudah tidak diragukan lagi. Di bawah kepemimpinannya, banyak kasus korupsi yang terungkap dan penanganannya pun diselesaikan dengan baik.



Seperti halnya ketika menjabat sebagai Kajari Langkat. Di bawah komandonya, Kejari Langkat banyak mengungkap kasus korupsi satu diantaranya kasus korupsi pemeliharaan jalan di Kabupaten Langkat, yang bersumber dari APBD Sumut Tahun 2020 yang merugikan keuangan negara sebesar Rp2,4 miliar lebih.



Muttaqin yang dipercayakan menjadi sebagai Kajari Langkat sejak Februari 2021 ini tidak hanya berfokus pada penanganan tindak pidana dugaan korupsi, Ia juga sudah beberapa kali melakukan penghentian penuntutan dengan pendekatan keadilan restoratif atau restorative justice.



Selama bertugas di Sumut, Muttaqin Harahap juga meyakinkan diri dan seluruh tim untuk tetap solid dalam menjalankan tugas sebagai aparat penegak hukum di Kabupaten Langkat.



Dalam Rapat Kerja Daerah se-Sumatera Utara, Kejari Langkat juga masuk dalam 3 besar pencapaian kinerja bidang penanganan perkara Pidsus setelah Medan dan Tanjungbalai. 



Tidak hanya bidang Pidsus, Kejari Langkat juga masuk dalam 3 besar pencapaian kinerja bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.



Keberhasilan Kejari Langkat dalam menerapkan RJ mendapat apresiasi dari Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Fadil Zumhana. 



Kejari Langkat berhasil memperoleh peringkat III Kejari Tipe B yang berhasil melaksanakan Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif Tahun 2021.



Prestasi yang membanggakan juga diraih pria kelahiran Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut) itu, ketika menjabat sebagai Kajari Kota Sorong pada Tahun 2020.



Ia meraih penghargaan terbaik dengan menyelesaikan penanganan kasus dugaan korupsi terbanyak dalam setahun. Penghargaan tersebut didapatkannya saat menjabat sebagai Kajari Kota Sorong pada Tahun 2020.



Muttaqin Harahap yang baru menjabat selama lima bulan sebagai Kajari Sorong, langsung tancap gas, dengan menangkap para koruptor dan ada 28 kasus korupsi saat itu yang ditanganinya. Di bawah komando pria kelahiran tahun 1979 itu dan dengan kerja keras dari tim, Kejari Kota Sorong pun berhasil mendapatkan penghargaan terbaik dari Kejaksaan Agung. (MC/DAF)



Share:
Komentar

Berita Terkini