BPJS Kesehatan Akui Ada Oknum Diskriminasi Pasien: Tapi Sudah Berkurang

REDAKSI
Senin, 02 Oktober 2023 - 13:58
kali dibaca
Ket Foto: Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti. 

Mediaapakabar.com
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan pihaknya tengah fokus meningkatkan mutu layanan baik secara administratif maupun pelayanan langsung di rumah sakit. 

Hal itu dikatakan Ali melalui sambutannya dalam acara Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan 2023 dan Launching Transformasi Mutu Pelayanan Program JKN di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin, 2 Oktober 2023.


Adapun peningkatan layanan itu dilakukan, salah satunya sebagai tindak lanjut atas aksi sejumlah oknum yang kerap membedakan pelayanan pasien BPJS dengan non-BPJS atau bayar langsung. 


"Memang di lapangan masih ada kadang-kadang oknum ini yang membeda-bedakan, ini pasien BPJS, ini bukan BPJS, dan lain sebagainya. Nah kalau BPJS, 'wah penuh', tapi kalau bayar langsung 'wah ada'," kata Ghufron dalam sambutannya.


Meski diakui, Ghufron menyatakan aksi oknum yang kerap memberikan pelayanan berbeda ke pasien BPJS maupun non-BPJS itu sudah sangat berkurang saat ini. 


"Kadang-kadang ya, tapi itu oknum secara umum sudah sangat berkurang," katanya.  


Guna mencegah aksi tersebut berulang, Ghufron pun menyebut pihaknya tengah fokus dan konsentrasi untuk melakukan transformasi layanan mutu. 


Kata dia, BPJS Kesehatan kini mengedepankan tiga konsep dalam melayani pasien, yakni mudah, cepat dan setara atau non diskriminasi. 


"Sekarang BPJS Kesehatan konsentrasinya fokus utamanya transformasi mutu. Yang kita pakai sederhana saja, mudah, cepat, setara atau non diskriminasi," pungkasnya. (VV/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini