PT SMGP Tandatangani PKT Pengamanan dengan Polda Sumut

REDAKSI
Sabtu, 03 Juni 2023 - 04:00
kali dibaca
Ket Foto: Terry Indra bersama Direktur Pam Obvit Poldasu Kombes BI Made Oka Putra menandatangani PKT.

Mediaapakabar.com
PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis (PKT) sebagai implementasi dari nota kesepahaman (MoU) yang sudah ditandatangani Mei 2022 lalu.

Penandatanganan dilakukan Polda Sumut melalui Direktur Pengamanan Obyek Vital (Dirpam Obvit) Kombes Pol BI Made Oka Putra dengan pimpinan PT SMGP diwakili Terry Indra selaku Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB), Jumat (2/6/23) di Mapolda Sumut.


Pada acara penandatanganan SPT itu juga disaksikan dari PT SMGP antara lain, Ali Sahid wakil Kepala Teknik Panas Bumi (KTP) dan penasehat hukum PT SMGP, Mahsin.


Sementara, dari Poldasu Direktur Pamobvit Kombes BI Made Oka Putra didampingi AKBP Dorma Purba, selaku Kasubdit Waster Dit Pamobvit.


Kombes I Made Oka, menyambut baik kerjasama dengan PT SMGP terkhusus soal pengamanan. Dia mengatakan, berdasarkan undang-undang setiap perusahaan diharapkan memiliki kerja sama dengan Mabes Polri atau Polda setempat. Atas dasar itu, dilakukan MoU yang dilanjutkan dengan PKT dengan PT SMGP.


“MoU yang ditandatangani pada 18 Mei 2022 mengatur tentang kerjasama yang berlaku selama 3 tahun sedangkan PKT mengatur konsep dan tehnis pengamanannya saja, bagaimana sistim management pengamanannya sesuai aturan, bagaimana kompetensi orangnya, sarananya, prosedurnya sehingga waktu mengambil tindakan tidak salah. Artinya ada tahapan dulu seperti sosialisasi, persuasif dan arahan sehingga tidak langsung main tangkap, PKT ini berlaku dalam jangka waktu 1 tahun dan dapat diperpanjang kembali,” kata Kombes Made.


Jika kordinasi sudah berjalan baik dengan warga sekitar, sebut Kombes Made Oka, maka aktivitas perusahaan akan berjalan dengan lancar.


“Demikian juga sebaliknya jika kordinasi tidak berjalan dengan bagus, maka kesalahan kecil pun bisa jadi besar,” tegasnya.


Terry Indra sebagai Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB), mengaku, dengan terjalinnya MoU dengan Polda Sumut sangat merasakan manfaatnya, sehingga PT SMGP dapat bekerja lebih fokus menyelesaikan proyek ini jadi gangguan keamanan seperti pencurian, penjarahan sudah sangat jauh berkurang mereka juga jadi sadar untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum.


“Kami dari perusahaan terbuka untuk melakukan kerjasama karena kami punya prinsip Tumbuh berkembang dan memajukan masyarakat,” tandasnya.


Dia menambahkan, CSR yang sudah dilakukan antara lain, dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, kebudayaan dan pariwisata. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini