Jokowi Bakal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bulan Depan

REDAKSI
Kamis, 22 Juni 2023 - 17:31
kali dibaca
Ket Foto: Presiden Jokowi. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Mediaapakabar.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjajal Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang saat ini menjangkau rute Jakarta-Bandung pada Juli mendatang. Luhut ingin proyek KCIC lebih rapi sebelum dijajal Jokowi.

"Presiden titip salam ke saudara-saudara sekalian, beliau akan naik kereta api ini nanti sebelum 28 Juli, mungkin satu minggu sebelumnya, nah saya pikir kita perlu siapkan lebih rapi lagi ini, saya titip kepada kita semua teman-teman yang kerja," kata Luhut seperti dilansir detikJabar, Kamis (22/6/2023).


Luhut mengatakan hal itu kepada para pekerja proyek di Stasiun Tegalluar, Bandung. Luhut mengatakan proyek KCIC tinggal tahap finalisasi.


"Kepada teman-teman yang bekerja dari Tiongkok dan dari Indonesia, anda sudah bekerja hampir 5 tahun untuk menyelesaikan project ini, ini bagian final dari penyelesaian proyek ini," kata Luhut.


Luhut mengungkapkan, pekerjaan proyek kereta cepat ini belum tuntas meski sudah dilakukan beberapa kali uji coba. Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal diresmikan pada 18 Agustus 2023.


Luhut juga mengatakan Presiden Jokowi sempat berbicara soal peluang untuk memperpanjang track kereta cepat. Jika saat ini baru mencakup Jakarta-Bandung, nantinya bisa saja kereta cepat dibangun untuk jalur ke Surabaya.


"Saya titip juga presiden juga sebenarnya setelah didiskusikan, melihat peluang untuk meneruskan kereta api ini sampai ke Surabaya, tapi tentu dengan pengalaman kita, teknologi transfer, kita harap terjadi, karena kita ada hilirisasi, banyak material-material yang akan bisa diproduksi dalam negeri," ujarnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini