Lampu 'Pocong' Dinilai Proyek Gagal, Bobby Perintah Anak Buah Tagih Uang ke Pemborong

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 09 Mei 2023 - 19:48
kali dibaca
Ket Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Mediaapakabar.com
Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut pekerjaan lampu jalan atau yang sering disebut lampu pocong sebagai proyek gagal. Bobby kemudian memerintahkan anak buahnya di Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) menagih uang yang telah dikeluarkan ke kontraktor.

Awalnya Bobby menjelaskan bahwa Inspektorat yang diperintahkannya untuk melakukan audit atau pemeriksaan telah menyelesaikan pekerjaannya. Hasil dari pemeriksaan itu disimpulkan proyek tersebut total loss.


"Hasil pemeriksaan yang sudah selesai dilakukan oleh Inspektorat mengenai yang biasa disebut oleh netizen lampu pocong," ujar Bobby di Balai Kota Medan, Selasa (9/5/2023).


Bobby mengakui pemeriksaan proyek lampu jalan tersebut sedikit lama. Pasalnya pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh.


"Ini memang agak lama karena pemeriksaannya saya minta menyeluruh dan pemeriksaannya juga didampingi, bersama dengan BPK. Jadi tidak ada projek lampu pocong, jadi ini kita anggap gagal," jelasnya.


Karena lampu jalan dianggap proyek gagal, Bobby memerintahkan Dinas SDABMBK melakukan penagihan anggaran yang sudah digelontorkan dari APBD Kota Medan ke pihak kontraktor.


"Oleh karena itu beberapa hari yang lalu hasil pemeriksaan sudah keluar dan hasilnya memerintahkan kepada dinas terkait khususnya Dinas SDABMBK karena ini sebelumnya di Dinas Pertamanan tapi sudah dilebur untuk melakukan penagihan menyeluruh atau kita anggap proyek ini total loss," ujarnya.


"Jadi kita akan tagihkan seluruh anggaran uang APBD yang sudah keluar," tegasnya.


Seperti diketahui, Pemko Medan membangun lampu jalan di delapan ruas jalan di Kota Medan dengan total biaya Rp 25,7 miliar. Namun hasil dari pembangunan lampu jalan tersebut menuai kritikan dari masyarakat dan DPRD Medan, sebab dinilai asal jadi dan tidak berfungsi. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini