Jalani Prosesi Mangain, Jessica Mila Resmi Sandang Boru Damanik

REDAKSI
Senin, 01 Mei 2023 - 12:12
kali dibaca
Ket Foto: Ket Foto:  Prewedding dengan busana Batak yang dilakukan Jessica Mila dengan Yakup Hasibuan jelang pernikahannya 5 Mei 2023 mendatang.

Mediaapakabar.com
Jelang pernikahannya yang akan digelar 5 Mei 2023 mendatang, artis Jessica Mila Agnesia menggelar prosesi adat dengan budaya Batak untuk memberikan marga bagi wanita kelahiran Aceh, 3 Agustus 1992 itu lantaran dirinya akan menikah dengan kekasihnya Yakup Hasibuan yang merupakan keturunan batak.

Dimana dibelakang namanya kini tersemat Boru Damanik yang otomatis menjadikan Jessica kini menjadi orang Batak.


Prosesi mangain atau pemberian marga bagi orang dari luar Batak memang menjadi salah satu rangkaian prosesi adat batak yang harus dijalani Jessica Mila jelang pernikahannya dengan sang kekasih. 


Hal itu diungkapkan Putri selaku kakak dari Yakup Hasibuan yang mewakili keluarga kedua calon pengantin saat dijumpai media kemarin.


"Jadi jelang pernikahan ini, Jessica memang harus menjalani serangkaian prosesi adat Batak untuk bisa membuat dirinya menjadi orang Batak. Salah satunya menjalani prosesi mangain dengan memberikan nama marga Batak. Lalu nanti ada prosesi Marhusip (membicarakan prosedur oleh peranakan sesuai dengan ketentuan adat setempat) dan prosesi Martumpol (Ikrar janji antara Jessica Mila dan Yakup yang akan membina rumah tangga)," ujar Putri.


Pemberian boru Damanik kepada Jessica Mila sendiri memang diberikan kepada Jessica Mila lantaran Jessica memang bukan merupakan warga Batak.


"Karena mau menjalankan adat, Mila diangkat dulu menjadi Boru Damanik. Kenapa Damanik? karena ibu saya kan Damanik. Dan Mila diangkat jadi anak angkat kakaknya ayah saya," tegasnya.


Sedangkan Ibunda artis Jessica Mila, Magdalena Jane Baker menyatakan bahagia melihat anaknya akan segera menikah dengan Yakup Hasibuan yang merupakan putra pengacara kondang Otto Hasibuan.


"Dari tadi aku nangis loh, aku ngebayangin ada suami. Tapi aku bahagia melihat Mila sama Yakup berdua, pokoknya aku bahagia deh mulai dari pagi sekarang sampai selamanya. Dan kami semua keluarga berharap proses pemberkatan pernikahan Mila dan Yakup sendiri yang akan berlangsung pada 5 Mei 2023 yang kemudian dilanjutkan acara pesta adat 6 Mei 2023 dan acara resepsi 13 Mei 2023 akan bisa berlangsung dengan lancar," tandasnya. (BC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini