Ini 6 Tips Sukses Jual Online yang Bisa Kamu Terapkan

REDAKSI
Kamis, 18 Mei 2023 - 13:00
kali dibaca

Ket Foto: Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Apakah kamu tahu? Berkembangnya internet seperti saat ini ternyata turut membuka peluang untuk berjualan online. Adanya media sosial, website, dan blog gratis bisa membantu kamu untuk bisnis online dengan mudah. 

Karena itu, jika kamu berencana ingin menggeluti usaha jual online, berikut ada 6 tips bisnis online yang bisa langsung kamu terapkan yakni:


1. Mengenali dan Menentukan Produk yang Akan Dijual


Saat membahas tentang produk yang akan dijual, kamu bebas untuk menentukan barang apa yang akan dijual. Namun, tidak semua produk bisa laku terjual terutama secara online. Jadi, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah mencari ide jualan dan menentukan jenis produk yang ingin dijual. 


2. Membuat Website Toko Kamu


Dengan memiliki website resmi pribadi, kamu jadi bisa langsung bertransaksi dengan pelanggan. Dengan situs web juga bisa membuat bisnis kamu jadi memiliki kredibilitas dan tampak lebih profesional. 


Umumnya pelanggan cenderung tidak mempercayai produk ataupun layanan dari sebuah bisnis yang tidak bisa ditemukan di internet. Karena itu, memiliki website toko resmi sendiri akan memberikan pelanggan jaminan yang mereka butuhkan untuk mempercayai produk yang dijual. 


Namun, website toko resmi tersebut harus memiliki tampilan yang baik. Jika hanya sekedar punya website dengan tampilan yang tak terurus, maka hal itu justru akan membuat pelanggan tidak mempercayai bisnis kamu. Selain itu, dengan website resmi pun kamu jadi bisa menjangkau pasar yang lebih besar. 


3. Menggunakan Online Shop


Memanfaatkan online shop atau e-commerce bisa membantu meningkatkan penjualan kamu secara lebih efisien dengan penyederhanaan proses transaksi dan pengiriman barang. 


Menggunakan jasa online shop atau e-commerce pun bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik kamu sebagai penjual dan pelanggan sebagai pembeli. Sehingga bisnis kamu bisa menjadi lebih berkembang. 


4. Manfaatkan Media Sosial


Tidak lengkap rasanya jika membahas soal jual online tanpa media sosial. Seperti yang diketahui bahwa media sosial memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Hal itu membuat semakin terbukanya kesempatan kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.


Selain itu, beberapa media sosial pun seperti Instagram dan Facebook memiliki fitur yang membuat kamu bisa menjual produk kepada para pelanggan secara langsung. Hal itu bisa melalui pesan langsung (direct message/dm) atau dengan fitur khusus dari media sosial itu sendiri. 


Instagram sendiri adalah salah satu media sosial yang bisa dicoba. Selain tengah menjadi tren, fitur – fitur didalamnya juga sangat cocok untuk kamu yang ingin jualan online. 


5. Membuat Toko Kamu Mudah Ditemukan


Agar toko kamu mudah ditemukan, pastikan kamu membuatnya bisa muncul pada pencarian Google. Namun, hal itu tidak bisa terjadi secara otomatis, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti mendaftarkan website kamu ke Google Search Console, menggunakan Google My Business, dan menerapkan digital marketing. 


6. Membuat Toko Kamu Menjadi Menarik


Untuk membuat toko menjadi menarik, kamu bisa mengawalinya dengan mengganti foto produk yang akan dijual menjadi lebih detail. Hal itu bisa dilakukan dengan membuat beberapa kumpulan foto mulai dari produk hingga menggunakan model atau peraga.


Kemudian membuat logo dari brand bisnis kamu. Logo tersebut nantinya bisa menjadi identitas yang akan membuat pelanggan mudah mengingat tokomu. 


Selain itu, bisa juga dibuat deskripsi produk yang dijual dengan menggunakan bahasa yang menarik. Seperti salah satu caranya yaitu dengan menambahkan unsur hobi atau hal unik dari produk yang dijual. (MC/REL)

Share:
Komentar

Berita Terkini