Begini Perasaan Nenek 82 Tahun Jemaah Asal Tanjung Balai Lolos Berangkat Haji Tahun Ini

REDAKSI
Minggu, 28 Mei 2023 - 01:49
kali dibaca
Ket Foto: Salbiah Saragih jemaah calon haji asal Tanjung Balai kloter 5 tiba di Embarkasi Medan, di Aula Jabal Nur Asrama Haji, Sabtu (27/5/23). 

Mediaapakabar.com
Salbiah Saragih jemaah calon haji asal Tanjung Balai tak bisa menutupi rasa bahagianya setiba di Embarkasi Medan, di Aula Jabal Nur Asrama Haji, Sabtu (27/5/2023).

Rasa haru itu tak bisa dibendung ibu yang sudah lanjut usia tersebut karena kesempatan untuk ibadah haji akhirnya terealisasi setelah sempat tertunda berangkat karena Pandemi Covid-19 selama 3 tahun.


“Alhamdulillah tahun ini saya bisa berangkat. Senanglah, Allah kabulkan doa-doa saya,” kata Salbiah dengan haru.


Jemaah berusia 84 tahun, yang masuk pada kloter 5 ini menceritakan, bahwa ia mendaftar haji sejak 2012 lalu. Seharusnya di tahun 2022, Salbiah berangkat.


“Tidak bisa berangkat, karena situasi Pandemi Covid dan terbentur pada pembatasan usia. Padahal anak saya berangkat di tahun 2022 itu,” kenangnya.


Saat ditanya bagaimana pembiayaan untuk berhaji? Salbiah mengaku jika hal itu berkah dari 10 anak, 40 cucu dan 30 cicitnya.


“Berkah sekali banyak anak,banyak rezeki ditambah cucu dan cicit. Anak saya yang membiayai dan memberi semangat agar saya berangkat tahun ini,” ucapnya bahagia sembari mengenang masa-masa sulit membesarkan 10 orang anaknya hingga dewasa.


“Keseharian saya dulu yang sebagai ibu rumah tangga mengandalkan penghasilan suami dari bertani. Ekonomi kami tergolong sulit. Namun dalam keseharian, harus tetap bahagia karena selalu bersyukur dengan riuh tawa anak-anak dalam berbagai momen. Ada yang ribut-ribut saat akan mandi, ada yang berkelakar saat akan makan. Maklum ya, makanan harus dibagi secara rata. Itu dulu saat anak-anak belum dewasa. Setelah ada cucu dan cicit menjadi pelipur lara,” ceritanya.


Meski di 2023 ini tanpa pendamping dalam menjalankan Ibadah Haji 2023 ini, Salbiah mengaku tetap semangat dan mengungkapkan sudah belajar mengenai ilmu berhaji.


“Tapi saya tetap berdoa agar Allah mempermudah semua urusan perjalanan dan ibadah, karena kedatangan ke Tanah Suci memenuhi panggilan Allah SWT,” pungkasnya. (MI/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini