Penjelasan BMKG Terkait Penyebab Panas Terik Hingga 36,5 Celcius di Medan

REDAKSI
Minggu, 16 April 2023 - 17:30
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Kondisi udara di Kota Medan beberapa hari terakhir terasa panas menyengat. Akibat udara panas menyengat di Kota Medan ini, masyarakat yang berada di dalam rumah pun bahkan keringatan terus menerus.

BBMKG Wilayah I Medan pun memberikan penjelasan soal kondisi tersebut. Menurut keterangan BBMKG Wilayah I Medan, kondisi panas menyengat ini tidak hanya terjadi di Kota Medan saja. Kondisi udara panas menyengat juga terjadi di beberapa wilayah Indonesia.


Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza mengatakan, selama beberapa hari ini suhu di Kota Medan berkisar 34 hingga 36,5 Celsius. Suhu ini berlangsung sejak awal bulan April hingga sekarang.


Penyebab panas menyengat disebabkan posisi semu matahari yang berada di sekitar dekat ekuator, dalam pergerakannya ke utara hingga Juni nanti.


Kemudian, ditambah cuaca selama bulan April berawan pagi, hingga siang. Hal inilah yang membuat awan yang menutupi sinar matahari berkurang.


"Kondisi ini dapat memicu Suhu yang cukup panas di wilayah Sumatera Utara pada siang hingga sore hari," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza, Sabtu (15/4/2023).


Cuaca panas menyengat ini diperkirakan berlangsung sampai bulan Juni mendatang. Namun, kondisi isi masuk dalam kategori normal terutama di dalam masa musim transisi ke musim kemarau.


"Kondisi ini dapat memicu Suhu yang cukup panas di wilayah Sumatera Utara pada siang hingga sore hari," pungkasnya. (TRB/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini