Jelang Arus Mudik Lebaran, Kapolda Sumut Cek Kesiapan Tol Tebing Tinggi

REDAKSI
Senin, 10 April 2023 - 20:09
kali dibaca
Ket Foto: Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak mengecek kesiapan Tol Tebing Tinggi untuk arus mudik Lebaran 2023.

Mediaapakabar.com
Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengecek kesiapan Tol Tebing Tinggi. Pengecekan itu dilakukan dalam rangka arus mudik Lebaran 2023.

Panca memperkirakan mudik tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk itu dia meminta seluruh pihak untuk melakukan persiapan.


"Bahwa arus mudik lebaran tahun ini diprediksikan akan lebih tinggi dari tahun yang lalu. Hal ini perlu kita antisipasi. Lakukan pembatasan bagi kendaraan pengangkut non sembako pada H-7, lakukan koordinasi dan kesepakatan kepada pengusaha," kata Panca saat rapat bersama Pj Wali Kota Tebing Tinggi, polres hingga pengelola jalan tol, Senin (10/4/2023).


Jika terjadi kemacetan menuju arah Kota Pematang Siantar, Irjen Panca meminta pintu Tol Sinaksak untuk dibuka. Selain itu, jenderal bintang dua itu meminta pengelola jalan tol merapikan jalan yang masih berbentuk tanah, sehingga nanti dapat dilewati oleh mobil.


"Saya juga minta agar jalan nasional maupun jalan provinsi diperbaiki semua, sehingga tidak ada kemacetan yang ditimbulkan oleh rusaknya jalan," ungkapnya.


Kemudian, Panca juga meminta agar seluruh pihak untuk menyiapkan pos-pos pemantauan sepanjang jalan tol.


"Juga meminta kepada kepada seluruh pihak untuk mempersiapkan pos-pos pantau di sepanjang jalan tol guna antisipasi daerah-daerah rawan. Diharapkan tanggal 15 April jalan tol sudah rampung dan dapat dibuka," kata Panca.


Lalu, Panca berharap dua ruas tol, yakni Tol Sinaksak-Dolok Merawan dan Tol Indrapura dapat digunakan sebagai jalur alternatif. Panca berharap pengoperasian tol itu dapat mengurangi kemacetan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.


"Diharapkan dua ruas itu segera digunakan secara fungsional sebagai jalur alternatif guna mengurangi kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H," pungkasnya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini