Bupati Taput Ikuti Doa Bersama dan Penanaman 1000 Pohon di Desa Setia Kecamatan Pahae Jae

REDAKSI
Jumat, 28 April 2023 - 22:02
kali dibaca

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan didampingi Sekda Taput Drs. Sahat Indra Simaremare dan sejumlah OPD dan anggota DPRD Taput Dapil V (lima) Fraksi PDI- Perjuangan, hadiri dan ikuti kegiatan Doa bersama memohon keselamatan dan penanaman 1000 (seribu) pohon bersama masyarakat Dusun II (dua) Sirihit-Rihit Desa Setia Kecamatan Pahae Jae Taput, Selasa (25/4/2023).

Dalam acara tersebut,Kepala Desa Setia Saiful Pakpahan menyampaikan, Kegiatan Doa bersama dilaksanakan bertujuan untuk memohon keselamatan dari Tuhan yang Maha Esa atas bencana alam luapan pasir dari gunung yang terjadi setiap tahun saat musim penghujan yang mengakibatkan pemukiman,jalan umum dan persawahan tertutupi pasir,dari kejadian tersebut maka daerah tersebut diberi nama Dusun Sirihit-Rihit (dalam bahasa Batak Toba yang berarti Pasir).


Dikatakannya, kegiatan penanaman 1000 pohon adalah bertujuan untuk dapat menanggulangi bencana alam pasir tersebut dan mengharapkan juga bantuan dari Pemerintah,khususnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.


Bupati Taput dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan,bahwa dalam mengatasi kejadian Bencana Alam tersebut harus di awali dari hulunya terlebih dahulu, yaitu dengan menanami areal gunung atau pinggir sungai dengan tanaman yang dapat tumbuh dan berkembang di tanah pasir, sehingga nantinya tumbuhan tersebut dapat menahan tanah atau pasir dari erosi maupun longsor.


Terkait perihal penanaman pohon,Bupati memaparkan,akan membuat tim, khususnya dari Dinas Lingkungan Hidup untuk membuat pemetaan dan juga membuat pengadaan tumbuhan yang dapat bertahan di tanah pasir.


“Namun apabila dana dari Anggaran APBD tidak mencukupi,maka saya sarankan untuk mengadakannya dari Dana Desa ataupun dari dana gotong royong, secara pribadi saya siap berpartisipasi,maka setelah hal tersebut terlaksana,selanjutnya faktor pendukung seperti pembangunan saluran drainase,gorong gorong atau saluran air,selanjutnya menjadi tanggung jawab Pemerintah,” kata Bupati.


Dalam acara tersebut, Bupati Nikson Nababan juga memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah kepada Siswa/i Sd,SMP dan susu bubuk kepada para Lansia.


Pada kesempatan tersebut,Bupati dan Sekda serta Anggota DPRD Taput mendapatkan cinderamata berupa kain Ulos Batak Toba dari Panitia dan tokoh Agama Islam. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini