Semarakkan HBP dan Sambut Ramadhan, Lapas Kelas I Medan Tuan Rumah MTQ WBP 2023

REDAKSI
Selasa, 21 Maret 2023 - 21:26
kali dibaca
Ket Foto: Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran yang digelar di Lapas Kelas I Medan dalam menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Mediaapakabar.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan tuan rumah kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Tahun 2023 untuk tingkat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Sumut) di Aula Lapas Kelas I Medan, Senin (20/3/2023). Acara dibuka Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono. 


Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H sekaligus menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59. MTQ WBP tahun 2023 ini diikuti seluruh Lapas dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang ada di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Sumut.


“Kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa jajaran Kanwil Kemenkumham Sumut yang diwakili oleh Divisi Pemasyarakatan peduli terhadap pembinaan WBP yang ada. Pembinaan ini menunjukkan kita tidak hanya membina kemandirian WBP dalam mengasah keterampilan yang dimiliki tetapi juga membina mentalnya melalui bimbingan rohani semacam ini, hal ini dimaksudkan agar para pelanggar hukum yang kita bina dapat menyadari kesalahan yang diperbuatnya dan kembali pada fitrahnya,” tutur Rudi.


Sementara itu, Kalapas Kelas I Medan, Maju A. Siburian dalam keterangannya menyampaikan, melalui kegiatan mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita.


"Selain itu mari kita persiapkan WBP sebaik mungkin sebelum Kembali ke masyarakat. Laksanakan pembinaan lebih lanjut bagi WBP yang memiliki bakat-bakat terpendam lainnya," jelas Kalapas.


Hadir secara virtual Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Siantury, turut hadir secara langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan Maju Amintas Siburian, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kriston Napitupulu dan Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan Medan Sekitar.


Berdasarkan data, peserta yang mengikuti kegiatan dibagi berdasarkan 3 kategori, Kategori anak sebanyak 3 Orang, Dewasa putri sebanyak 7 Orang, dan Dewasa putra sebanyak 32 Orang, berasal dari 36 UPT Pas Kanwil Kemenkumham Sumut.


Untuk juara masing-masing kategori Dewasa putra, Juara I Azmi Sabri (Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku), Juara II Ansor Muda (Lapas Kelas IIB Panyabungan), Juara III Rezy Rey (Lapas Kelas IIA Binjai), untuk kategori Dewasa Putri Terbaik I (Ida Fatmi (Lapas Perempuan Kelas IIA Medan), Terbaik II Misriati (Lapas Kelas IIA Binjai), Terbaik III Citra (Rutan Perempuan Kelas IIA Medan). 


Kategori Anak-anak Terbaik I, Anjas Pratama (Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam), Terbaik II Rahmat Harahap (Lapas Kelas III Kotapinang), Terbaik III Syah Daffah (LPKA Kelas I Medan). (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini