Mahasiswa Asing Jadi Panitia Acara di UMSU

REDAKSI
Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:27
kali dibaca
Ket Foto: Dua mahasiswa asal thailand dan kamboja saat menjadi pembawa acara.

Mediaapakabar.com
Ada yang unik pada Seminar Kolaborasi Lembaga Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Kamis (16/3/2023). 

Keunikannya, sebanyak 19 mahasiswa asing yang kuliah di UMSU menjadi panitia acara tersebut. Mereka menjadi petugas master of ceremony (MC), pembaca puisi dan lainnya. 


“Ini unik dan menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Mahasiswa asing yang baru belajar di UMSU memasuki semester dua sudah berani menghandle acara,” kata Rektor UMSU, diwakili Wakil Rektor I UMSU, Prof. Dr Muhammad Arifin, M.Hum. 


Dia mengatakan UMSU sangat mensupport segala kegiatan yang diselenggarakan BIPA karena UMSU sudah mulai merintis, bahkan kini sudah mengisi borang-borang untuk akreditasi internasional salah satu aspeknya dilihat jumlah mahasiswa asing.


Ketua Lembaga BIPA UMSU, Muhammad Arifin, M.Pd mengatakan sangat salut dan bangga atas antusias mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia di UMSU. 


“Saya tahu, ada Crya Dani dari Kamboja. Awalnya dia masuk tidak tahu bahasa Indonesia, dan bahkan penguasaan bahasa Inggrisnya juga rendah karena memang belajar Bahasa Indonesia dan Inggris baru dua minggu sebelum kuliah di UMSU. 


Namun, Kreyya Dani saat ini sudah berubah, penguasaan Bahasa Indonesia sudah mulai lancar, meskipun logatnya masih kental dari Kamboja.


Acara dengan tema Penguatan Kompetensi Bagi Calon Pengajar Bipa Prodi Bahasa Indonesia Fkip Umsu Melalui Lembaga BIPA UMSU sekaligus penandatanganan MOU antara Lembaga BIPA UMSU dengan Prodi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 


Sekretaris BIPA UMSU, Dr. Cut Novita Srikandi mengatakan, Lembaga BIPA UMSU didirikan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa asing yang berkuliah di UMSU agar mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan mengenal budaya Indonesia, sehingga tercipta lulusan yang memiliki keterampilan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar untuk berbagai tujuan dengan berbagai konteks, serta mencintai kebudayaan Indonesia.


“Berdasarkan hal tersebut, maka seminar ini bermaksud untuk menghasilkan pemikiran yang solutif dan inovatif terkait dengan penguatan kompetensi bagi calon pengajar BIPA di lingkungan UMSU. Acara ini juga menghadirkan para pemelajar BIPA UMSU yang telah mengikuti pelatihan BIPA sebagai pengisi acara. 


Acara ini diikuti 85 orang Mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU beserta dosen pengampu mata kuliah BIPA. 

Acara ini akan menampilkan pegiat BIPA Sumut yang cukup mumpuni di dunia kebipaan. Beliau Dra. Ermyna Seri, M. Hum. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini