Kepala Dinas Kominfo Buka Forum Perangkat Daerah se-Sumut, Dorong Penguatan Koordinasi Seluruh Kabupaten/Kota

Media Apakabar.com
Kamis, 09 Maret 2023 - 13:24
kali dibaca
Foto: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut) Ilyas Sitorus membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Diskominfo se-Sumut, di Hotel Sibayak Berastagi Kabupaten Karo, Kamis (9/3/2023) pagi.

Mediaapakabar.com
- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut) Ilyas S Sitorus membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Diskominfo se-Sumut, di Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo, Kamis (9/3).
 
Sebelum membuka kegiatan, Kadis Kominfo Sumut menyambut baik kehadiran Kepala Stasiun RRI Medan Agung Prasatya Rosihan Umar, serta seluruh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota atau yang mewakili dalam kegiatan forum tersebut. Pertemuan ini mengambil tema 'Sinergitas Dinas Kominfo Menuju Perwujudan Sarana Pembangunan Daerah di Bidang Komunikasi, Aplikasi Informatika, Persandian dan Statistik'.

"Dinas kita ini bisa dikatakan hampir tidak punya 'tanggal merah' (libur). Karena kapan saja kita harus siaga jika ada tugas pimpinan yang mungkin mendadak,  dari pagi hingga malam," ujar Ilyas Sitorus.

Karena itu, katanya, wajar saja jika Dinas Kominfo menjadi cerminan dari sebuah provinsi dan kabupaten/kota, bagaimana pemerintah daerah menjalankan program pembangunan dan diketahui masyarakat.

"Karena itu mari kita memberikan pemahaman tentang peran tersebut. Jadi, bagaimana kita meyakinkan kepada pimpinan (kepala daerah) tentang berbagai kegiatan kita," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Ilyas, seluruh Dinas Kominfo baik provinsi maupun 33 kabupaten/kota se-Sumut bisa saling sinergi dan menyelaraskan program yang ada. Sehingga forum ini diharapkan menjadi sarana membesarkan dan menguatkan tata kerja.

"Jadi, forum perangkat daerah ini bertujuan menyatukan persepsi dan kolaborasi antara Dinas Kominfo provinsi dengan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota terhadap perencanaan dan pelaksanaan tugas pokok serta fungsi bidang komunikasi, informasi, persandian dan statistik, agar dapat berjalan sinergis dan searah," jelasnya.

Selain itu, Ilyas juga meminta agar Dinas Kominfo Kabupaten/Kota bisa bersinergi bersama mitra kerja, seperti media massa sebagai pihak yang mendukung upaya publikasi informasi pembangunan kepada masyarakat luas.

"Kita harus menjadi satu keluarga besar (Kominfo). Karena itu nanti, bagaimana nanti dukungan provinsi kepada kabupaten/kota akan coba kita tampung di tahun depan. Sehingga ada kerjasama kita bersama memperkuat keberadaan Dinas Kominfo di Sumatera Utara," pungkasnya.

Untuk kegiatan diskusi dalam forum tersebut dipandu Iwan Sutani Siregar selaku Kepala Bidang Statistik Sektoral, dengan narasumber Kepala Bidang Aplikasi Informatika Rismawati, Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Hadir di antaranya para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota serta jajaran. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini