Forkopimda Pidie Jaya Safari Ramadhan 1444 H di Masjid Iskandar Muda

REDAKSI
Senin, 27 Maret 2023 - 17:15
kali dibaca

Ket Foto: Masjid Iskandar Muda, Desa Manyang Lancok Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya.


Mediaapakabar.com
Tim Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pidie Jaya, mulai melakukan safari Ramadhan 1444 H di Masjid Iskandar Muda, Desa Manyang Lancok Kecamatan Meureudu, Senin (27/4/2023) malam.

Tim Forkopimda yang dipimpin langsung Bupati Pidie Jaya, H. Aiyub bin Abbas dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Dr. H. Said Mulyadi, SE, M.Si  beranggotakan Plt. Ketua MPU, Dandim 0102/Pidie, Kapolres Pidie Jaya, Ketua DPRK, Kajari, Ketua PN, Ketua Mahkamah Syariah dan Kabag Prokopim Setdakab Pidie Jaya. 


Kepala Dinas Syari’at Islam Kabupaten Pidie Jaya, Drs Jailani kepada mediaapakabar.com mengatakan, tim safari Ramadhan Forkopimda dijadwalkan akan mengunjungi satu Masjid setiap kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. Kunjungan dilakukan berturut-turut selama dua pekan, kecuali hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu.


“Tim akan berbuka Puasa di Masjid yang dikunjungi dan melaksanakan Shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih berjamaah serta tausiah Ramadhan di masjid tempat berlangsungnya acara," katanya.


Selain itu, tambahkan Jailani, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada Bulan Suci Ramadhan 1444 H ini, tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya juga akan turun ke semua Masjid dalam seluruh kecamatan di wilayah kabupaten tersebut. 


“Sebanyak 19 tim yang telah dibentuk, dijadwalkan selesai mengunjungi 73 masjid sesuai jadwal yang telah ditentukan, mulai Senin (27/3/2023) sampai Kamis (6/4/2023). Setiap tim akan berkunjung ke empat masjid, dan hanya tiga tim yang mengunjungi tiga masjid,” sebutnya.


Dalam kesempatan tersebut, Tim Safari Ramadhan 1444 Hijriyah juga menyalurkan bantuan biaya operasional Masjid. Pemkab Pidie Jaya telah mengalokasikan dana berupa uang tunai senilai Rp 965 juta untuk puluhan masjid yang ada di daerah setempat," sampaikan Jailani.


Sejumlah Masjid yang mendapatkan bantuan tersebut di antaranya Masjid Agung Pante Geulima dan Masjid Islamic Center At Taqarrub, masing-masing sebanyak Rp100 juta. 


"Untuk masjid besar yang berada di Kecamatan Rp15 juta per masjid, serta Rp10 juta per masjid di Kemukiman/ Desa," sebutnya.


“Penyerahan bantuan akan dilakukan secara simbolik di masjid yang dikunjungi setelah selesai jamaah shalat isya dan tarawih oleh ketua tim safari kepada imam masjid atau panitia masjid. Dimana bantuan tersebut ditransfer ke masing-masing rekening bank milik masjid," akui Jailani. 


Adapun 19 tim Safari Ramadhan Pemkab Pidie Jaya, untuk tim 1 diketuai oleh Sekda Pidie Jaya, Ir. Jailani. Selanjutnya, masing-masing tim diketuai oleh para Asisten, Staf Ahli dan Kepala SKPK.  


Selain dari jajaran SKPK, untuk anggotanya terdiri dari unsur Tokoh Agama, anggota DPRK, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, dan perwakilan BKPRMI Pidie Jaya. (Irfan)

Share:
Komentar

Berita Terkini