Besi Kemudi Pintu Air Dicuri, Ratusan Rumah di Deli Serdang Kebanjiran

REDAKSI
Kamis, 02 Maret 2023 - 22:25
kali dibaca
Ket Foto: Ratusan rumah di Deli Serdang terendam banjir usai besi kemudi pintu air dicuri.

Mediaapakabar.com
Besi kemudi pintu air bendungan Sungai Tembung di Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut dicuri orang. Akibatnya, ratusan rumah warga di sana terendam banjir.

"Ada sekitar 600 rumah warga tergenang air pada Selasa (28/2/2023) lalu. Waktu itu hujan deras. Nah ternyata dua besi keran bendungan dicuri. Jadi air hujan itu tidak mengalir ke Sungai Tembung," kata Kepala Desa Bandar Khalipah Suparyo dilansir dari detikSumut, Kamis (2/3/2023).


Dia mengatakan, warga di sana baru tahu bahwa besi pintu air dicuri setelah air hujan yang seharusnya mengalir ke sungai malah masuk ke pemukiman. Air kemudian menggenangi rumah warga.


Saat itu, ketinggian air menggenangi rumah warga sekitar 50 cm. Hal itu pun mengakibatkan aktivitas ekonomi warga sekitar terganggu. Selain itu, warga juga sulit untuk melintasi jalan.


Dia menjelaskan untuk mengatasi itu pihaknya akhirnya meminta bantuan kepada Balai Wilayah Sungai untuk menghadirkan alat berat untuk mengangkat pintu air yang jeblok.


Ia menjelaskan genangan air tersebut sempat berlangsung dari pagi hingga siang hari.


"Jadi kran pintu air kemarin itu tidak dapat dinaikan. Itu karena besi kran pintu air dipotong dan diambil. Makanya pintu air jatuh menutup lubang saluran yang selama ini untuk akses air dari pemukiman warga masuk ke sungai," jelasnya.


Ia menyampaikan kini kondisi di lokasi air telah surut. Namun pihaknya masih melakukan perbaikan terkait keran air yang rusak tersebut.


Di samping itu, Suparyo mengucapkan pada dasarnya warga telah mengamankan seorang pencuri besi kran air tersebut pada Senin (27/2/2023). Pelakunya bernama Khairil Anwar (57), warga Kecamatan Medan Tembung.


"Tapi ini pelakunya ada sekitar lima orang. Baru satu kemarin diamankan warga," sebutnya.


Oleh karena itu, ia berharap agar pihak kepolisian menangkap empat pelaku lainnya. Kini, Khairil pun telah berada di sel tahanan Polsek Percut Sei Tuan. (DTS/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini