Setelah Dilantik, PKD Se-Pidie Jaya Langsung Dibekali Bimtek

REDAKSI
Minggu, 05 Februari 2023 - 17:59
kali dibaca
Ket Foto: Pelantikan 27 Personil PKD di Kecamatan Trienggadeng.

Mediaapakabar.com
Proses seleksi rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD) untuk Provinsi Aceh disebut Panitia Pengawas Gampong (PPG) telah selesai dilaksanakan, dan terpilih sebanyak 222 orang untuk mengisi masing-masing desa/gampong di 8 Kecamatan se-Kabupaten Pidie Jaya.

Pelantikan PKD dilaksanakan dalam dua tahap, pada hari Minggu (5/2/2023), sebanyak 4 kecamatan wilayah barat Kabupaten Pidie Jaya menyelenggarakan pelantikan di Aula kantor Camat masing-masing yang diikuti oleh 110 anggota PKD.


Selanjutnya, 4 kecamatan wilayah timur Pidie Jaya akan menggelar acara pelantikan pada Senin (6/2/2023), yang akan diikuti oleh 112 anggota PKD, juga di Aula Kantor Camat masing-masing.


Ketua Panwaslu Pidie Jaya, Fajri M. Kasem, dikonfirmasi mediaapakabar.com, Minggu (5/2/2023) mengatakan hari ini pelantikan tersebut dilaksanakan oleh empat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang ada di wilayah barat Pidie Jaya.


Setelah diambil sumpah, semua PKD menandatangani pakta integritas untuk bekerja secara profesional, menjaga integritas, independensi dan netralitas sebagai pengawas Pemilu.


“Kami ucapkan selamat atas terpilihnya sahabat-sahabat menjadi PPG, dengan demikian sahabat-sahabat yang terpilih ini akan menjadi bagian dari proses demokrasi di Indonesia dan menjadi bagian dari keluarga Bawaslu Kabupaten Pidie Jaya," katanya.


"Besar harapan kami, sahabat-sahabat yang terpilih adalah orang-orang pilihan yang dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, guna mengawal, mengawasi dan mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024," tambahnya.


Usai pelantikan, PKD langsung diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) di masing-masing kecamatan yang dijadwalkan seharian penuh di hari pelantikan.


"Bimtek dilaksanakan selama satu harian yang difasilitasi oleh Panwascam di masing-masing kecamatan, bertujuan untuk memberikan segala informasi yang berkaitan dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab PKD sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Fajri.


Berdasarkan data yang diperoleh, adapun 110 anggota PKD yang dilantik hari pertama tersebut diantaranya dari Kecamatan Meureudu 30 orang, Trienggadeng 27 orang, Pante Raja 10 orang dan Bandar Baru 43 orang.


Sementara untuk empat Kecamatan lagi akan dilaksanakan besok, yang akan diikuti oleh 112 anggota PKD dari Kecamatan Meurah Dua 19 orang, Ulim 30 orang, Jangka Buya 18 orang dan Bandar Dua 45 orang. (Irfan)

Share:
Komentar

Berita Terkini