Bus Rombongan Pelajar dari Asahan Terbakar di Sergai, 1 Tewas

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 18 Februari 2023 - 13:42
kali dibaca
Ket Foto: Bus bawa rombongan pelajar Asahan terbakar di Sergai. 

Mediaapakabar.com
Satu unit bus pariwisata yang mengangkut rombongan pelajar asal Kabupaten Asahan ludes terbakar di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Desa Liberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara. 

Satu orang tewas dalam peristiwa itu.

Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (17/2/2023) malam. Kejadian bermula saat bus tersebut mengalami kecelakaan dengan sepeda motor yang masuk ke dalam kolong bus hingga terseret dan menimbulkan percikan api.


"Sebelum terbakar bus tabrakan dengan sepeda motor dan masuk ke dalam kolong bus terseret beberapa meter mengakibatkan percikan api yang diduga menyambar BBM dari tangki sepeda motor lalu terbakar," kata AKP Andita Sitepu dikonfirmasi wartawan, Sabtu (18/2/2023).


Adapun satu orang korban meninggal dunia dalam kejadian itu yakni Septian Dwi Cahyo (27), pemotor Yamaha Scorpio dengan nomor Polisi BK 5780 KL warga Marelan, Medan. Warga sempat menolong korban dengan membawa korban ke Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman Sergai.


"Korban satu orang meninggal dunia di rumah sakit yakni pengendara sepeda motor," kata Kasat Lantas.


Sementara itu, bus pariwisata BK 7088 DF dikemudikan oleh Sopian Marpaung (42), ketika itu dia membawa rombongan pelajar pulang kegiatan manasik haji dari Medan menuju Asahan berpenumpang 50 orang terdiri dari 45 orang pelajar, 4 orang guru dan satu orang kernet.


Saat kecelakaan sebelum api membesar dari kolong bus seluruh penumpang berhasil keluar menjauh dari bus dan selamat dalam kejadian itu.


Warga sekitar dan sopir tak dapat berbuat banyak ketika percikan api yang semakin membesar dari kolong dan menghanguskan seluruh bagian bus pariwisata ini di pinggir Jalan Lintas Sumatera di kilometer 51-52 ini.


"Diduga bus hendak memotong mobil jenis tangki dan mengambil jalur ke kanan, saat itu pula melaju sepeda motor dan terjadi lakalantas hingga mengakibatkan percikan api," kata Kasat Lantas.


Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Sergai tak bisa menolong bus yang sudah habis terbakar di pinggir jalan itu mengakibatkan kemacetan lalu lintas.


Dua kenderaan yang hangus terbakar ini kemudian telah diamankan oleh Satlantas Polres Sergai, Polisi juga masih memeriksa sopir bus tersebut. (DTS/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini