WR III UMSU Rudianto Terpilih Ikut Program Kerjasama Perguruan Tinggi USA-ASEAN

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 10 Januari 2023 - 19:14
kali dibaca
Ket Foto: Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Rudianto terpilih menjadi peserta Program US-ASEAN University Connections Initiative (UCI).

Mediaapakabar.com
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Rudianto terpilih menjadi peserta Program US-ASEAN University Connections Initiative (UCI).

Program ini digagas oleh Pemerintah Amerika Serikat yang diumumkan pada kegiatan US-ASEAN Special Summit pada bulan Mei 2022 yang lalu.


Sekretaris Asisten Deputi Program Akademik Kemenlu AS Ethan Rosenzweig (10/1/2023) di Washington dalam rilis resmi yang dikirim menjelaskan, melalui program ini, peserta terpilih berkesempatan mengikuti pelatihan secara virtual  dan kunjungan tatap muka langsung ke perguruan tinggi di Washington DC, Amerika Serikat. 


Lebih lanjut, melalui program ini juga akan dibangun hubungan kerjasama antara perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Asia Tenggara. Kerjasama difokuskan pada penguatan kapasitas perguruan tinggi melalui kemitraan global, Kerjasama program Pendidikan luar negeri yang sejalan dengan kebijakan dan program pemerintah Amerika Serikat. 


Kegiatan ini sendiri digagas secara resmi lewat Program IDEAS (Increase and Diversity Education Abroad For US Students) Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat. 


Para program ini, akan melibatkan 50 pimpinan perguruan tinggi baik dari Amerika Serikat maupun 8 negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Kamboja, Filipina, Laos dan Vietnam. Kegiatan akan berlangsung dengan 2 bentuk yaitu pertemuan secara virtual yang berlangsung mulai Desember 2022 serta pertemuan tatap muka di Washington DC pada Februari 2023 mendatang. 


Dalam kegiatan tersebut akan diberikan pelatihan kepada peserta yang bertujuan untuk memperkuat Kerjasama akademik internasional, pertukaran mahasiswa, dosen dan peneliti antar perguruan tinggi Amerika dan Asia Tenggara. 


"Kementerian Luar Negeri Amerika berkomitmen memperkuat kemitraan antara Amerika Serikat dengan Perguruan Tinggi di Asia Tenggara melalui peningkatan kolaborasi akademik dan ikut mencari solusi terhadap persoalan global yang penting seperti perubahan iklim dan pembangunan ekonomi,” ungkap Ethan Rosenzweig


Program ini dikhususkan bagi pimpinan perguruan tinggi yang memiliki pengalaman dalam bidang Kerjasama terutama internasional. Terdapat 26 peserta terpilih mewakili perguruan tinggi di Kawasan Asia Tenggara. Sementara dari Indonesia terdapat 5 peserta terpilih. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 


Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Agussani.MAP menyambut baik  atas terpilihnya salah satu wakil rektor UMSU dalam program ini. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memperkuat Kerjasama internasional UMSU menuju perguruan tinggi berkelas dunia. 


“Alhamdulillah ini sangat menggembirakan dan membahagiakan. Apalagi ini program khusus dari Kemenlu AS. Insyaallah akan bermanfaat untuk memperkuat Kerjasama internasional kita dengan perguruan tinggi di Amerika,” ujarnya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini