Sempat Dimutasi Akibat Langgar SOP, Aipda Ambarita Bakal Patroli Lagi

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 03 Januari 2023 - 19:00
kali dibaca
Ket Foto: Aipda Ambarita bakal kembali berpatroli bersama Tim Perintis Presisi Polda Metro. Ia sempat dimutasi akibat melanggar SOP karena menggeledah HP warga. (Tangkapan layar instagram @mpambarita)

Mediaapakabar.com
Aipda Monang Parlindungan Ambarita bakal kembali berpatroli bersama Tim Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebutkan Ambarita akan ditugaskan lagi di bidang reserse.

Sebelumnya, pada Oktober 2021, Ambarita sempat dimutasi dari Banit 51 Unit Dalmas Sat Sabhara Polres Metro Jakarta Timur ke Bidang Humas Polda Metro Jaya akibat melanggar prosedur.


Ambarita menggeledah ponsel milik warga secara acak tanpa izin saat melakukan patroli di jalan. Aksi penggeledahan itu merupakan bagian dari tayangan salah satu televisi swasta. Potongan video itu pun viral di media sosial.


Banyak pihak mengkritik aksi yang dilakukan Ambarita. Ia pun diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya dan dinyatakan melanggar prosedur, sehingga dimutasikan ke jabatan lain.


Fadil Imran mengatakan Ambarita akan kembali bertugas sebagai anggota reserse yang humanis bersama Aiptu Jakaria.


Jakaria sebelumnya juga dimutasi dari Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya menjadi Bintara Bidhumas Polda Metro Jaya.


"Ambarita akan kembali hadir di jalan bersama tim perintis presisi," ucap Fadil di sela-sela acara Rilis Akhir Tahun Polda Metro Jaya, Sabtu (31/12/2022).


"Jack juga akan kembali ke reserse, menjadi reserse yang humanis," tambahnya.


Fadil menjelaskan Ambarita dan Jakaria telah mengabdi di Bidang Humas Polda Metro Jaya selama 1,5 tahun. Ia berharap dalam rentang waktu tersebut keduanya memiliki wawasan baru untuk melaksanakan tugas.


"Sudah 1,5 saya suruh bertapa mereka, mudah-mudahan selama pertapaan menemukan sesuatu yang baru yang nantinya lebih mengasah hati dan pikirannya untuk lebih melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat Jakarta," tuturnya.


Ia pun berseloroh bahwa dirinya kalah dengan sosok Ambarita dan Jakaria. Sebab, keduanya lebih dikenal oleh warga Jakarta.


"Saya kalah sama Ambarita dan Jack, mereka selalu berada di hati masyarakat Jakarta, itu yang anda semua harus belajar dari mereka berdua," kata dia.


1.867 Personel Polda Metro Jaya naik pangkat

Pada Senin (2/1) kemarin, Polda Metro Jaya melantik kenaikan pangkat 1.867 personel dalam upacara Korps Raport. Pelantikan tersebut dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Gedung Balai Pertemuan, Jakarta Selatan.


Fadil meminta agar dengan pangkat baru itu para personel dapat menjalankan tugas dengan lebih baik dan humanis. Fadil juga meminta agar seluruh jajaran dapat bersikap lebih profesional dan menjadi pelayan di tengah masyarakat.


Berikut personel Polda Metro Jaya yang memperoleh kenaikan pangkat.

Perwira


1. AKBP 42 personel

2. Kompol 95 personel

3. AKP 178 personel

4. Iptu 298 personel

5. Ipda 80 personel


Bintara/Tamtama


6. Aiptu 105 personel

7. Aipda 415 personel

8. Bripka 229 personel

9. Brigadir 337 personel

10. Briptu 87 personel

11. Bharaka 1 personel. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini