Pohon Tua di Pinggir Jalan Selamat Medan Amplas Ancam Keselamatan Warga

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 16 Januari 2023 - 20:57
kali dibaca
Ket Foto: Sebatang pohon tua berukuran besar yang beralamat di Jalan Selamat, Kelurahan Sitirejo III, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan mengancam keselamatan warga dan pengguna jalan.

Mediaapakabar.com
Sebatang pohon tua berukuran besar yang beralamat di Jalan Selamat, Kelurahan Sitirejo III, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan mengancam keselamatan warga dan pengguna jalan.

Pasalnya, pohon yang sudah berumur yang tumbuh di pinggir jalan tersebut kini batang dan dahannya sudah kering tak ada daunnya, membuat warga was-was saat melintas di bawah pohon yang diperkirakan telah lapuk itu.


"Selain tua pohon maupun dahannya itu diperkirakan sudah lapuk dan sangat membahayakan warga yang melintas di jalan itu," kata Piter (40) salah seorang warga Jalan Selamat, Senin, (16/1/2023).


Menurut Piter, situasi yang lebih menakutkan terjadi saat angin kencang dan hujan disertai angin


"Kalau sudah ada hujan dan angin kita harus berhati-hati lewat jalan ini karena takut dahannya patah dengan tiba-tiba," ungkap warga tersebut.


Warga berharap pihak terkait yakni Dinas Pertamanan Kota Medan, Camat Medan Amplas dan Lurah Sitirejo III, harus bertindak cepat dengan memotong pohon tersebut sebelum pohon tersebut tumbang memakan korban.


"Kami minta kepada pihak terkait agar meninjau dan memotong pohon itu sebelum menimbulkan korban," bilang Piter.


 "Ya betul itu, maunya pihak terkait bertindak, cepat dengan memotong pohon itu, agar warga pengguna jalan tidak was-was saat melitasi dibawah pohon itu," timpal Husen menambahkan.


Informasi lain yang dihimpun wartawan pohon tua dan lapuk,tidak hanya di Jalan Selamat depan, mainkan ada juga di Jalan Selamat ujung tak jauh dari tikungan menuju Jalan M. Nawi Harahap.


Bahkan warga pengguna jalan bernama Dewi, beberapa bulan lalu di Tahun 2022, dahan pohon tersebut bagian atas sudah patah dan nyaris menimpanya.


"Untung aja setelah saya lewat beberapa meter, tiba-tiba dahan pohon bagian atas patah, hampir menimpa saya bersama anaknya yang saat itu melintas dengan motor matic yang berboncengan," jelas Dewi warga Kelurahan Sitirejo III, Kecamatan Medan Amplas.


Dari pantauan wartawan, memang benar apa yang dikatakan warga, kalau pohon berukuran besar di pinggir jalan selamat tepatnya disebelah kiri, kira-kira 200 meter dari Jalan Sisingamangaraja diperkirakan telah lapuk dan mengancam  keselamatan warga pengguna jalan. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini