Miliki Harta 17 Triliun, Ini Kisah Pria 26 Tahun yang Sukses Jadi Agensi Youtube

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 08 Januari 2023 - 22:48
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Di usia 26 tahun, Riku Tazumi telah menjadi miliuner di Jepang setelah sukses mendirikan Jepang Anycolor Inc., sebuah perusahaan yang menaungi agensi YouTuber (VTuber) virtual. Dari bisnis ini dia telah mampu menghimpun kekayaan hingga USD 1,1 miliar atau setara Rp17,24 triliun.

Melansir SCMP.com, Tazumi memulai perjalanannya sebagai pengusaha saat dia masih kuliah. Seperti banyak raksasa teknologi lainnya, dia mengandalkan keterampilannya dan akhirnya menuai hasil kesuksesan.


Menurut Forbes, pengusaha Jepang itu mendirikan perusahaannya pada 2017 di usia 21 tahun. Sebagai perusahaan induk dari beberapa agensi VTuber, Anycolor meraup untung melalui pengelolaan idola dan pencipta virtualnya.


Perusahaan telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan terdaftar secara publik di Bursa Efek Tokyo pada bulan Juni.


Menurut Bloomberg, nilai saham Anycolor melonjak delapan kali lipat sejak go public. Pada Oktober 2022, perusahaan ini bernilai sekitar USD 2,5 miliar dan menjadikannya salah satu pelaku pasar teratas tahun ini.


Pada tahun 2020, Forbes melaporkan perusahaan Tazumi mendapatkan dukungan investasi hingga USD 6,5 juta dari para investornya. Modal tersebut pun digunakan untuk membantu grup berekspansi ke Korea Selatan, Indonesia, India, dan China, dan secara signifikan meningkatkan nilainya.


Agensi VTuber Nijisanji adalah penghasil uang terbesar Anycolor hingga saat ini. Dengan pasukan avatar digital daring yang sangat besar, itu telah menjadi hit besar di antara para pengikutnya.


Nijisanji menampilkan lebih dari 100 karakter virtual termasuk Millie Parfait, Kanae dan Kuzuha, yang masing-masing memiliki kisah uniknya sendiri.


Pada tahun 2020, Tazumi dinobatkan sebagai salah satu dari 30 profesional terkemuka di Asia dalam dunia media, pemasaran, dan periklanan. Forbes mengakui kesuksesannya di dunia VTube, menyebutnya sebagai rajanya industri.


Dia berada di perusahaan yang baik. Nama terkenal lainnya pada tahun itu termasuk jurnalis Burma Kyaw Soe Oo, dan pendiri China dari aplikasi Wuta Camera yang sangat populer, Chen Hao dan Zhou Li.


Dengan 45 persen sahamnya di Anycolor, kekayaan bersih pengusaha Jepang itu kini membengkak menjadi lebih dari USD 1,1 miliar. Tetapi mengingat usianya, orang hanya bisa berasumsi yang terbaik belum datang untuk miliarder muda itu.


Mengingat semakin populernya konten VTube, kekayaannya tentu diharapkan semakin bertambah di tahun-tahun mendatang. (MDK/MC)



Share:
Komentar

Berita Terkini