Menteri BUMN Erick Thohir Resmikan Pabrik Minyak Goreng Merah di Deli Serdang

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 07 Januari 2023 - 10:05
kali dibaca
Ket Foto: Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wagub Sumut Ijeck.

Mediaapakabar.com
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah PTPN di Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang. Erick didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) saat peresmian itu.

Dalam kesempatan itu Erick Thohir mengatakan kedepannya akan dibangun pabrik serupa per seribu hektar sawit di Indonesia. Tujuannya supaya tidak ada lagi kelangkaan minyak makan, serta berpihak kepada ekonomi kerakyatan.


"Dengan ini kita tetap melibatkan ekonomi rakyat yakni petani. Jangan petani dijadikan posisinya sebagai objek. Kalau kampanye selalu bilang petani. Udah jadi malah lupa. Ini yang kita mau keberlanjutannya," ucap Erick dalam keterangannya, Jumat (6/1/2023).


Masih kata Erick, kementerian BUMN selalu mendorong masyarakat untuk mengelola sumber daya alamnya secara mandiri agar dapat dinikmati hasilnya.


"Keuntungannya diambil untuk mendorong ekonomi rakyat. Kami dari BUMN bantu KUR dan bantu juga modal kerjanya. Bahkan kita dampingi supaya jangan sampai pabriknya tidak terawat," ungkap Erick.


Sementara itu, Ijeck menyebut minyak makan merah yang diproduksi nantinya jauh lebih murah dan sehat dari minyak makan curah di pasaran.


"Tadi saya sempat berbincang bahwa ternyata harga minyak makan merah ini lebih murah. Beda sekitar Rp2.000 dengan harga minyak curah pada umumnya dan ini lebih sehat juga," sebut Ijeck.


Ijeck berharap Sumatera Utara memiliki banyak pabrik yang sama, agar tidak terjadi kelangkaan minyak makan mengingat banyaknya lahan sawit di Sumut.


"Kebetulan ini di Deli Serdang pula. Jadi masyarakat kita yang menikmati pertama dan semoga bisa membantu masyarakat kita serta tidak ada lagi kelangkaan minyak makan," harapnya. (DTS/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini