KPK Pastikan Terus Bergerak Memburu Buronan Harun Masiku

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 06 Januari 2023 - 12:25
kali dibaca
Ket Foto: Harun Masiku.

Mediaapakabar.com
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak berhenti memburu mantan calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku yang diduga berada di luar negeri, serta buronan lainnya.

Harun Masiku diketahui merupakan salah satu orang yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK dan kini statusnya masih buronan.


"Kita sudah bergerak ke mana-mana. Kalau dari rekan-rekan ada informasi, kita datangi," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di Jakarta, Kamis (5/1/2023).


Asep menyampaikan, keberadaan Harun Masiku sudah terlacak di luar negeri. Namun demikian, dia tidak mengungkapkan lebih lanjut soal negara yang menjadi tempat buronan kasus dugaan suap itu bersembunyi.


Asep hanya memastikan, KPK terus melakukan koordinasi dengan sejumlah agensi terkait di luar negeri. "Di luar negeri, sehingga kita juga masih berkoordinasi dengan beberapa agensi dari luar negeri," tuturnya.


Sebelumnya, Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto menyampaikan adanya kemajuan dalam memburu keberadaan salah satu buronannya yakni Harun Masiku. KPK sudah memperoleh sejumlah informasi.


"Kami sudah ada info hanya tinggal, ya paling tidak kita mau cari pendukung-pendukung lain," ungkap Karyoto saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (2/11/2022).


Namun demikian, Karyoto tidak mengungkapkan lebih detail terkait info yang diperoleh KPK terkait pengejaran Harun Masiku. Dia hanya menekankan, pengejaran terhadap Harun tidak dihentikan.


"Jadi kami memang tidak tinggal diam," tutur Karyoto.


Diketahui, Harun Masiku merupakan politikus PDI Perjuangan yang terjerat perkara kasus dugaan suap dalam pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.


Dia diduga menyuap Komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. Adapun saat ini nama Harun sudah masuk dalam DPO.


Namun, sejak OTT terhadap Wahyu Setiawan dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020 hingga saat ini, Harun Masiku masih buron dan menghirup udara bebas. (BC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini