Kalah dengan Vietnam 2-0, Tim Garuda Gagal ke Final Piala AFF 2022

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 09 Januari 2023 - 21:50
kali dibaca
Ket Foto: Indonesia tumbang 0-2 dari Vietnam. Brace Nguyen Tien Linh pupuskan harapan Tim Garuda melaju ke final Piala AFF 2022. Vietnam vs Indonesia tersaji di Stadion My Dynh, Hanoi pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). 

Mediaapakabar.com
Indonesia tumbang 0-2 dari Vietnam. Brace Nguyen Tien Linh pupuskan harapan Tim Garuda melaju ke final Piala AFF 2022. Vietnam vs Indonesia tersaji di Stadion My Dynh, Hanoi pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). Vietnam bisa unggul ketika laga baru berjalan tiga menit lewat Nguyen Tien Linh.

Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga babak pertama tuntas. Selepas jeda, pasukan Park Hang-seo kembali mencetak gol cepat selepas kick off. Tien Linh mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-47.


Indonesia gagal mencetak gol balasan hingga laga tuntas. Vietnam menang 2-0 untuk melaju ke final. Mereka unggul agregat 2-0 usai laga 0-0 di leg pertama. Vietnam menunggu pemenang laga Thailand vs Malaysia sebagai lawan di laga puncak.


Vietnam mencetak gol cepat ketika laga baru berjalan tiga menit. Bola panjang menuju Nguyen Tien Linh yang berlari di antara Jordi Amat dan Rizky Ridho. Tien Linh melepas sepakan voli yang memperdayai Nadeo Argawinata. Tertinggal, Indonesia berusaha untuk menyetarakan angka.


Pratama Arhan sempat terbebas di sisi kiri kotak penalti berusaha menjangkau umpan Jordi Amat di menit ke-14. Namun, Dang Van Lam cepat keluar dari sarangnya menyergap bola. Pada menit ke-19, lemparan jauh dari Arhan kembali jadi senjata Indonesia. Sayang, Amat

handball saat berusaha menjangkau bola.


Indonesia bisa menembus lini pertahanan hingga kotak penalti. Dendy Sulistyawan yang membawa bola dihadang dengan dengan badan secara keras oleh Que Ngoc Hai. Wasit tapi tak menganggap pelanggaran.


Vietnam menebar ancaman dari tendangan bebas keras Doan Van Hau pada menit ke-29. Indonesia selamat dari kebobolan karena tembakan Van Hau masih melebar. Beberapa saat setelahnnya, Vietnam kembali punya peluang dari Pham Tuan Hai. Kali ini, Nadeo bisa mengamankan bola.


Laga kemudian berjalan keras. Duel-duel tak terhindarkan terutama di sektor kanan antara Asnawi Mangkualam dan Doan Van Hau. Duel keduanya sempat membuat keributan dengan beberapa official Vietnam berusaha memprovokasi di pinggir lapangan.


Fachruddin Aryanto mendapat kesempatan kala bisa menanduk bola lemparan Arhan. Bola tandukannya masih melebar dari gawang Vietnam. Skor 0-1 untuk Vietnam menutup babak pertama.


Vietnam langsung menggebrak setelah kick off. Gol berhasil mereka ciptakan kembali dari Tien Linh. Ia mencatatkan nama di papan skor usai dengan baik menyundul sepak pojok Do Hung Dung. Indonesia harus mengejar dua gol untuk lolos ke final. Dendy sempat punya kesempatan tapi tembakannya melebar.


Vietnam menekan di menit ke-59. Tuan Hai bisa menyontek umpan panjang. Nadeo untungnya sigap mengamankan bola. Nguyen Quang Hai nyaris mencetak gol indah lewat sepakan voli menyambar sepak pojok. Sepakannya masih melebar tipis. Memasuki pertengahan babak kedua, Indonesia yang memburu gol tampil lebih menyerang. Fachruddin bisa menanduk sepak pojok. Namun, sundulannya juga melebar.


Tekanan Indonesia masih butuh. Vietnam bahkan hampir saja bisa mencuri gol di menit akhir dari aksi Quang Hai. Nadeo tampil gemilang dengan bisa menepis bola. Vietnam mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini