Hari Pertama Tahun 2023, Harga Cabai Makin Pedas

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 01 Januari 2023 - 13:03
kali dibaca
Ket Foto: Harga cabai naik signifikan di pasar tradisional Kota Pematang Siantar pada hari pertama tahun 2023.

Mediaapakabar.com
Memasuki hari pertama di tahun 2023, harga cabai mengalami kenaikan tajam dibanding sehari sebelum tahun baru. Harga komoditas cabai semakin “menggila” di sejumlah pasar di Kota Pematang Siantar.

Pantauan Mistar pada Minggu (1/1/2023), di pasar tradisional Dwikora Kota Pematang Siantar, harga cabai rawit tembus Rp80 ribu per kilogram (kg). Padahal, sehari sebelum tahun baru, harga cabai rawit ini Rp60 ribu per kg.


Menurut sejumlah pedagang di pasar tersebut, beberapa barang dagangannya mengalami kenaikan dan salah satu yang paling terasa adalah harga cabai. Hampir semua segala jenis cabai mengalami kenaikan harga.


Cabai merah seminggu sebelum tahun baru harganya Rp20 ribu-Rp25 ribu per kg, lalu sehari sebelum tahun baru Rp40 ribu per kg, dan hari ini naik lagi jadi Rp60 ribu per kg. “Hari ini, harga cabai naik semuanya. Yang paling mahal cabai rawit kini melonjak hingga Rp80 ribu per kg. Cabai hijau pun sama. Sekarang Rp32 ribu dari Rp20 ribu per kg,” kata Purnama.


Dia menyebut kenaikan harga cabai tersebut dikarenakan stok barang sedang kosong. Kurangnya pasokan itu disebabkan masih banyaknya petani yang sedang libur merayakan hari raya Natal dan tahun baru.


Hal serupa juga diungkapkan Sinta, pedagang sayur-mayur di pasar yang sama dengan Purnama. Menurut Sinta kenaikan harga cabai hari ini merupakan hal yang lumrah terjadi jika stok sedang sedikit. Akibat pasokan sangat minim kepada para pedagang. 


“Disamping barang sedang kosong, ini juga masih suasana hari raya Natal dan tahun baru, jadi hal yang lumrah harganya naik. Sebab pasokan cabai juga sedang kosong,” sebut Sinta dilansir dari mistar.


Meski begitu, Sinta memprediksikan bahwa harga cabai akan mengalami penurunan minggu depan. Ia melihat cuaca akhir-akhir ini tidak seperti sebelumnya yakni hujan yang berkepanjangan. “Bila cuaca cerah, harga cabai dapat dipastikan turun, sementara bila hujan, harga akan kembali melonjak,” katanya. (MI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini