Berikut Tradisi Unik Sambut Pergantian Tahun di Berbagai Negara

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 01 Januari 2023 - 12:45
kali dibaca
Ket Foto: Matahari terbit pertama tahun 2023 di Seoul, Korea Selatan (REUTERS/KIM HONG-JI)

Mediaapakabar.com
Tahun baru di Indonesia identik dengan kembang api atau bahkan suara petasan. Di sejumlah ruang publik, pentas musik digelar untuk menyambut pergantian menuju tahun 2023.

Sebagian orang yang merayakannya di rumahmungkin asyik menikmati berjalannya akhir 2022 dengan menyantap barbeque.

 

Lantas, seperti apa tradisi menyambut tahun baru di negara-negara lain? Simak seperti apa kebiasaan unik di Italia hingga Yunani ini.

 

Brasil

Memakai baju putih sebelum melompati tujuh ombak di pantai setelah jam menunjukkan pukul 12 malam sambil memikirkan tujuh harapan menjadi tradisi menarik di Brasil.

 

Spanyol

Masyarakat di Spanyol punya kebiasaan unik untuk menyambut tahun baru. Mereka biasanya memakan 12 butir anggur pada tengah malam tepat pukul 12 malam ketika hari berganti. Tradisi ini diyakini dapat meningkatkan keberuntungan di tahun yang baru.

 

Italia

Tradisi di negara ini tak kalah unik bila dikaitkan dengan tahun baru. Masyarakat setempat biasanya memakai pakaian dalam berwarna merah dengan harapan mendapatkan hal-hal baik di tahun yang baru.

 

Yunani

Bawang dipercaya sebagai simbol kelahiran baru, jadi bawang digantungkan di pintu untuk menyambut tahun baru.

 

Chili

Tradisi menyambut tahun baru di sini tak kalah unik. Orang-orang biasanya menyambut tahun baru di kuburan bersama anggota keluarga yang telah meninggal.

 

Denmark

Piring menjadi bagian penting dari kebiasaan menyambut tahun baru di sini. Biasanya, orang-orang di Denmark melemparkan piring ke pintu pada malam tahun baru karena dipercaya akan membawa keberuntungan. Konon, semakin banyak piring yang pecah di pintu Anda, tahun baru akan semakin baik untuk Anda.

 

Kanada

Memancing ikan di es jadi salah satu aktivitas yang dilakukan orang Kanada untuk menyambut tahun baru.

 

Filipina

Pada malam tahun baru, keluarga di Filipina menyajikan dua belas buah berbentuk bulat, misalnya apel dan anggur, yang dipercaya melambangkan kemakmuran. Angka 12 berkaitan dengan jumlah bulan dalam setahun.

 

Irlandia

Untuk mengusir roh jahat, keluarga di Irlandia menyambut tahun yang makmur dengan memukulkan roti ke dinding dan pintu rumah. (Antara)

Share:
Komentar

Berita Terkini