4.561 Calon PPS se-Pidie Jaya Selesai Ikuti CAT, 166 Peserta Dinyatakan Gagal

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 11 Januari 2023 - 21:25
kali dibaca

Ket Foto: Sekretaris KIP Pidie Jaya, Iswandi melakukan pengawasan langsung pelaksanaan ujian susulan tes tertulis bagi calon anggota PPS yang Error System dan Gagal Administrasi sebelumnya. Rabu (11/1/2023) di SMAN 1 Meureudu, Pidie Jaya.


Mediaapakabar.com - Sebanyak 4.395 peserta seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Pidie Jaya telah mengikuti tes tertulis selama empat hari yang berakhir pada Rabu (11/1/2023). Namun sebanyak 166 peserta tidak mengikuti tes, maka langsung nyatakan gagal.

Sebelumnya, jumlah peserta yang lulus administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis sejumlah 4.543 orang. 


Berhubung diberikannya tanggapan/masukan masyarakat atas hasil penelitian administrasi calon anggota PPS bagi 58 peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi, sehingga hasil kajian ulang dari tanggapan masyarakat itu, 18 peserta diantaranya dinyatakan bisa mengikuti ujian susulan.


Komisi Independen Pemilihan (KIP) atau KPU Kabupaten Pidie Jaya melaksanakan tes dengan metode Computer Assisted Test (CAT) di tujuh lokasi berbeda. Ujian digelar mulai Minggu (8/11/2023) sampai Selasa (10/1/2023), selanjutnya, Rabu (11/1/2023) juga dilaksanakan ujian susulan bagi 18 peserta yang gagal administrasi sebelumnya serta 48 peserta yang sempat "Error System" saat mengikuti tes sebelumnya.


Adapun lokasinya, di Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, SMAN 1 Bandar Baru, SMPN 1 Bandar Baru,SMKN 1 Bandar Baru di Kecamatan Bandar Baru. Lokasi selanjutnya di SMAN 1 Trienggadeng Kecamatan Trienggadeng serta dua lokasi lagi di SMAN 1 Meureudu dan SMPN 1 Meureudu Kecamatan Meureudu


Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar saat dikonfirmasi mediaapakabar.com, Rabu (11/1/2023) mengatakan secara keseluruh tahapan tes tertulis calon PPS Pidie Jaya telah selesai dengan aman dan lancar sehingga selanjutnya setelah pelaksanaan CAT ini masih ada tahapan tes interview atau wawancara.


"Memang sebanyak 4.395 orang yang mengikuti tes CAT PPS dari 222 Desa/ Gampong di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. Dan masing-masing pasca test CAT akan dipilih peringkat dua kali kebutuhan, yaitu 6 (enam) terbaik di masing-masing Desa. Kita menggunakan sistem perangkingan," kata Iskandar.


Kendati demikian, sambung Tgk Muhammad Yusuf selaku Komisioner, bila terjadi nilai yang sama antara rangking 6-7 dan seterusnya, maka semuanya akan diloloskan untuk mengikuti tahapan berikutnya (tes wawancara).


"Saat interview inilah akan diseleksi kembali mana yang lebih layak mengemban amanah untuk mengisi posisi PPS.  Berarti ada 666 anggota PPS yang akan ditugaskan di 222 Desa yang ada. Setiap Desa kami memilih 3 anggota PPS, sementara 3 anggota lagi menjadi cadangan jika ada pergantian antar waktu (PAW)," sebutnya.


Sementara, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KIP Pidie Jaya, Tgk Sop mengatakan kepada calon anggota PPS yang lulus tes tertulis dalam 6 besar, setiap Desa nantinya, untuk mempersiapkan diri melanjutkan tahap tes wawancara.


"Kepada para calon anggota PPS yang lulus tes tertulis dapat mempersiapkan diri melanjutkan tahapan tes wawancara yang akan dilaksanakan 15-17 Januari 2023," pungkasnya. (Irfan)

Share:
Komentar

Berita Terkini