Viral Wahana Tornado Dufan Berhenti di Atas, Pengunjung Dievakuasi

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 31 Desember 2022 - 21:17
kali dibaca
Ket Foto: screenshot video viral.

Mediaapakabar.com
Video wahana Tornado di Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol mati dalam posisi miring viral di media sosial. Pihak humas menjelaskan kejadian itu.

Berdasarkan video viral, tampak wahana Tornado berhenti dengan posisi miring. Pengunjung yang sedang menaiki wahana itu pun terjebak di posisi miring.


Dimintai konfirmasi terpisah, staf Humas Ancol Hariyadi Eko Nugroho menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (24/12/2022) sekitar pukul 4 sore. Saat itu, kondisi di sekitar lokasi hujan membuat sensor yang ada di wahana mengalami masalah.


Ketika sensor tak terbaca, sistem keselamatan atau safety yang ada di wahana pun berfungsi yang otomatis menghentikan permainan ketika menemukan kendala.


"Jadi itu terjadi di Tornado, tapi bukan hari ini. Kejadiannya tanggal 24 Desember sekitar jam 4 sore. Jadi malam Natal, hari Sabtu juga minggu lalu. Saat itu ada salah satu sensor dari Tornado yang kurang clear, itu mengakibatkan sistem safety Tornado jalan. Jadi wahana itu langsung berhenti operasi, permainan berhenti," kata Eko saat dimintai konfirmasi, Sabtu (31/12/2022).


Selanjutnya, petugas berupaya mengembalikan sistem wahana Tornado ke posisi semula. Proses itu membutuhkan waktu sehingga pengunjung sempat bertahan di atas dengan posisi miring sekitar 5 menit.


Setelah berhasil mengembalikan sistem ke posisi semula, pengunjung baru dievakuasi. "Untuk evakuasi itu, wahana langsung kembali ke posisi saat mau naik turun pengunjung (di bawah)," ujarnya.


Setelah mengevakuasi pengunjung, petugas mengecek wahana Tornado secara menyeluruh. Sejam setelahnya, wahana pun kembali beroperasi.


"Kami lakukan pengecekan menyeluruh, kami lakukan pengecekan sensor menyeluruh. Alhamdulillah, aman. Jam 5 kami buka kembali sampai saat ini juga masih beroperasi ya, nggak ada masalah. Hari ini aman, nggak ada trouble sama sekali," imbuhnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini