Uji Sertifikasi Profesi Film Videografi, Ini Harahap Kadis Pariwisata Medan

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 20 Desember 2022 - 18:18
kali dibaca
Ket Foto: Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi. 

Mediaapakabar.com
Guna meningkatkan kompetensi dan kualitas masyarakat Kota Medan, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi. 

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Medan dari tanggal 19-22 Desember 2022 ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono, Selasa (20/12/2022).


Di hadapan para peserta yang berjumlah 100 orang ini, Agus Suriyono mengatakan bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi masyarakat Kota Medan khususnya bagi para pelaku yang menekuni profesi di bidang Sinematografi. 


"Bimbingan teknis dan uji sertifikasi ini berlangsung selama 4 hari, diawali dengan city tour yang semalam kita lakukan lalu bimbingan teknis hari ini dan besok akan dilakukan uji sertifikasi. Ini yang sangat penting karena memberikan legalitas kepada anak-anak Medan, sebab dengan mereka memiliki sertifikasi profesi tentunya akan meningkat kemampuanya." Kata Agus Suriyono.


Untuk itulah Agus Suriyono berharap melalui kegiatan bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi ini nantinya akan melahirkan sinematografi yang berkompetensi dan tersertifikasi di Kota Medan.


"Yang dibutuhkan sekarang adalah pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang sudah tersertifikasi, karena kedepan tidak hanya uji kemampuannya saja yang dilihat tetapi juga sertifikasinya, untuk itu kita berharap akan lahir sinematografi terbaik dari kota Medan," harap Agus Suriyono sembari mengatakan kedepannya akan ada uji kompetensi profesi lainya.


Dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono juga mengaku siap dan mendukung kota Medan untuk menjadi salah satu kota perfilman di Indonesia.


"Pak Wali Kota Medan selalu mendukung kegiatan yang dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan kompetensi masyarakat, karena itu kami sangat siap dan terus mendukung kota Medan untuk menjadi salah satu kota perfilman di Indonesia, apalagi kota Medan memiliki potensi yang sangat besar untuk diangkat ceritanya baik dari segi kuliner, budaya hingga kehidupan masyarakat Kota Medan yang multikultural namun tetap hidup harmonis berdampingan," pungkasnya.


Sebelumnya, Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dengan digelarnya bimbingan teknis & uji sertifikasi profesi film videografi ini, sebab menurutnya kegiatan seperti ini sangat mendukung lahirnya playmaker di dunia perfilman.


"Kegiatan seperti ini yang selalu diharapkan karena kalau film Indonesia ingin berkembang maka harus didukung oleh playmaker di daerah. Oleh karena itu salah satu jembatan untuk bisa masuk ke industri film adalah melalui kegiatan seperti ini, sebab industri film sekarang ini apabila ingin syuting di daerah harus melihat kesiapan SDM nya dan ini juga akan membuka peluang kerja di daerah," jelas Gunawan Paggaru.


Selain itu Gunawan Paggaru juga optimis Kota Medan dapat menjadi sasaran perkembangan perfilman di tanah air.


"Karena itu saya akan mendukung agar kota Medan dapat menjadi tuan rumah dalam Festival Film Indonesia," ungkapnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini