PT Universal Gloves di Patumbak Terbakar, Api Sulit Dipadamkan, Warga Cemas!

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 07 Desember 2022 - 09:53
kali dibaca
Ket Foto: PT Universal Gloves di Patumbak terbakar.

Mediaapakabar.com
Terjadi kebakaran di sebuah pabrik sarung tangan PT Universal Gloves yang berada di Jalan Pertahanan, Dusun I, Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (6/12/2022) sekira pukul 23.49 WIB malam.

Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan yang datang ke lokasi kebakaran PT Universal Gloves yang dikenal pabrik sarung tangan itu langsung berjibaku memadamkan api.


Pantauan di tempat kejadian api berkobar hebat pada bangunan pabrik yang dilanda kebakaran di Jalan Pertahanan Patumbak tersebut.


Api terus membesar dan asap hitam tebal membumbung tinggi dari lokasi di salah satu, dari sekian banyak gudang pabrik sarung tangan yang terbakar itu.


Informasi diperoleh, penyebab kebakaran maupun kerugian masih diselidiki polisi. Sedangkan api pertama terlihat sekitar pukul 11.10 WIB. Api dengan cepat merambat karena pabrik dipenuhi karet bahan pembuat sarung tangan.


Sementara itu juga diketahui belum ada laporan korban jiwa maupun luka, sedangkan 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Deli Serdang dan 3 unit dari Kota Medan dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.


Petugas pemadam kebakaran saat ditanya tingkat kesulitan memadamkan api menyebutkan, banyaknya bahan baku pembuat sarung tangan yang terbuat dari karet mudah terbakar.


Selain itu juga, banyak dan tebalnya asap hitam memenuhi di lokasi kebakaran, sehingga pemandangan dan juga pernapasan terganggu.


"Asap hitam tebal memenuhi di dalam gudang di lokasi kebakaran sehingga membuat pemandangan dan juga pernapasan terganggu untuk memadamkan api,” bilang petugas pemadam kebakaran dari Deli Serdang.


Sedangkan beberapa orang warga sekitar di lokasi kebakaran sangat cemas jika api terus membesar, karena takut rumah mereka yang bersebelah dengan lokasi kebakaran kena imbasnya turut terbakar juga.


“Kami sangat cemas, jika api terus membesar, karena takut rumah kami yang bersebelah dengan pabrik sarung tangan PT Universal Gloves yang terbakar kena imbasnya juga turut terbakar," sebutnya.


Diketahui, akibatnya banyak bahan baku dari karet untuk membuat sarung tangan hingga pukul 03.00 WIB api masih belum dapat dipadamkan, sedangkan Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran Deli Serdang dibantu dari Damkar Kota Medan masih terus berjibaku untuk memadamkan api. 


Namun, walaupun api belum dapat padam secara total, lambat laun api terus mengecil dan akhirnya dapat dipadamkan sekira Jam 05.00 WIB.


Kapolsek Patumbak Kompol Faidir Chaniago SH MH saat di konfirmasi di lokasi kebakaran membenarkan terbakarnya pabrik sarung tangan PT Universal Gloves.


Dikatakan Kapolsek, penyebab kebakaran dan asal api masih diselidiki dan begitu juga kerugian akibat kebakaran di pabrik sarung tangan PT Universal Gloves.


“Penyebab kebakaran dan asal api masih dalam diselidiki dan begitu juga kerugian akibat kebakaran di pabrik sarung tangan PT Universal Gloves ini,” pungkasnya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini