Pemko Medan Bangun 1.700 Lampu Jalan

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 13 Desember 2022 - 21:15
kali dibaca
Ket Foto: Penampakan tiang untuk lampu jalan yang baru di Jalan Imam Bonjol. 

Mediaapakabar.com
Pemerintah Kota (Pemko) Medan membangun 1.700 lebih lampu jalan. Lampu jalan tersebut nantinya akan terpasang di delapan ruas jalan yang ada di Kota Medan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran. Irsan mengatakan tiang-tiang yang terbuat dari beton yang berada di beberapa ruas jalan Kota Medan tersebut diperuntukkan untuk lampu jalan.


"Iya itu untuk lampu jalan," kata Syarifuddin Irsan Dongoran, Selasa (13/12/2022).


Ia menyebutkan setidaknya 1.700 lampu jalan yang baru tersebut akan terpasang di delapan ruas jalan yakni Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, Jalan Tengku Imam Bonjol, Jalan Putri Hijau, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ir. H. Juanda, dan Jalan Suprapto.


"Jadi untuk keseluruhan itu sekitar 1.700-an (lampu jalan) di delapan ruas jalan," sebutnya.


Saat ditanya urgensi pembangunan lampu jalan padahal menurut pantauan, di ruas jalan tersebut cukup terang pada malam hari dibandingkan sejumlah jalan yang lain, Irsan menjelaskan perlu adanya modernisasi dan modifikasi lampu jalan. Menurutnya lampu jalan yang ada saat ini bentuknya monoton.


"Kan kita perlu modernisasi, selama ini kan lampu jalan kita monoton saja, jadi perlu dimodifikasi lah lebih tepatnya," jelasnya.


Anggaran untuk pembuatan lampu jalan tersebut masuk ke dalam paket perbaikan lanskap jalan di delapan ruas jalan tersebut. Selain membuat lampu jalan, dalam anggaran penataan lanskap jalan tersebut juga tertera pembuatan tempat duduk dan penataan trotoar.


"Anggaran dimasukkan ke dalam penataan lanskap jalan," ungkapnya.


Pada laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Medan, tercantum delapan paket untuk penataan lanskap delapan ruas jalan tersebut. Dengan total anggaran sebesar Rp 25,7 miliar.


Anggaran terbesar diperuntukkan untuk menata lanskap Jalan Tengku Imam Bonjol dengan nilai Rp 4 miliar. Sedangkan paling sedikit dianggarkan untuk menata lanskap Jalan Suprapto sebesar Rp 804 juta. (DTS/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini