Media Prancis Ungkap Alasan Gol Kedua Messi di Final Tak Sah

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 20 Desember 2022 - 11:43
kali dibaca
Ket Foto: Lionel Messi cetak gol kedua ke gawang Prancis di final Piala Dunia 2022. (REUTERS/PAUL CHILDS)

Mediaapakabar.com
Media Prancis L'Equipe mengungkap alasan gol kedua Lionel Messi di final Piala Dunia 2022 seharusnya tidak sah karena ada beberapa pemain cadangan Argentina yang terlalu cepat masuk dalam lapangan sebelum bola masuk ke gawang Prancis di menit ke-108.

"Sesuai aturan, gol kedua Messi di perpanjangan waktu seharusnya dianulir wasit pertandingan Szymon Marciniak karena pemain cadangan Argentina masuk lapangan sebelum bola melewati garis gawang Hugo Lloris," tulis L'Equipe.


Total enam gol tercipta hingga babak tambahan waktu pada final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis yang berlangsung di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022).


Tidak diragukan lagi pertandingan Argentina vs Prancis ini merupakan final terindah dalam sejarah Piala Dunia.


Namun, media Prancis L'Equipe mengungkap fakta baru bahwa menurut aturan gol kedua Messi seharusnya dianulir oleh wasit.


Ini lantaran beberapa pemain cadangan Argentina yang emosional sudah terlalu cepat masuk ke dalam lapangan untuk merayakan gol kedua Messi yang membuat skor menjadi 3-2, padahal bola sebenarnya belum masuk ke gawang Prancis.


Aksi pemain Argentina ini dinilai telah melanggar regulasi yaitu Hukum 3 Nomor Sembilan di Law of The Game 2022/2023 yang berbunyi:


"Jika setelah gol dicetak wasit menyadari bahwa ada pemain tambahan berada di lapangan ketika gol dicetak maka wasit harus menganulir gol tersebut; jika orang tambahan [yang masuk ke lapangan] itu adalah seorang pemain, pemain pengganti, pemain pengganti, atau pemain yang dikeluarkan dari lapangan atau ofisial tim dari tim yang mencetak gol. Permainan harus dimulai kembali dengan tendangan bebas langsung dari posisi pemain tambahan itu berada," bunyi Hukum 3 nomor sembilan Law of The Game 2022/2023.


Meski demikian wasit tetap mengesahkan gol tersebut untuk membuat Argentina unggul 3-2 atas Prancis di babak tambahan waktu.


Tetapi, Prancis kemudian masih mampu untuk mencetak gol penyama kedudukan menjadi 3-3 lewat gol Kylian Mbappe pada menit ke-118 sehingga memaksa Argentina harus menyelesaikan laga lewat adu penalti.


Di babak adu penalti Argentina akhirnya mengalahkan Prancis 4-2 dan berhasil mengangkat trofi Piala Dunia 2022. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini