Legenda Sepak Bola Dunia Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 30 Desember 2022 - 22:43
kali dibaca
Ket Foto: Pele meninggal dunia di usia 82 tahun pada Kamis (29/12) waktu setempat atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. (AP/Francois Mori)

Mediaapakabar.com
Legenda sepak bola Brasil Pele meninggal dunia di usia 82 tahun di Sao Paulo pada Kamis (29/12/2022) waktu setempat atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

Kabar meninggalnya Pele dikonfirmasi oleh Manajer Bisnisnya, Joe Fraga. Ia mengatakan Pele telah dirawat di rumah sakit di Sao Paulo Brasil sejak November 2022 karena mengidap sejumlah penyakit. Pemain yang sukses membawa Brasil juara Piala Dunia tiga kali itu dikabarkan memiliki riwayat penyakit jantung dan ginjal.


Pele juga sempat menjalani pengangkatan tumor dari usus besarnya pada September 2021. Kemudian pada Rabu (28/12/2022) lalu rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo, tempat Pele dirawat, menyatakan penyakit kanker usus besarnya menunjukkan perkembangan positif, hanya saja dia membutuhkan perawatan lebih intensif untuk mengobati gagal ginjal dan jantung.


Namun Pele dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit tersebut pada Kamis (29/12/2022) waktu setempat.


Pele dikenal luas sebagai salah satu pesepak bola paling berbakat di dunia. Dia berhasil membawa Brasil juara Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Dia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Brasil dengan torehan 77 gol dalam 92 pertandingan.


Sementara itu lewat akun Instagram Pele disampaikan pesan menyentuh kepada seluruh fans yang merasa kehilangan sang legenda.


"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan 'Raja' Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan kerja sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang paling dia yakini sebagai obat untuk semua masalah kita yaitu cinta," tulis Instagram Pele.


"Pesannya hari ini menjadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta dan cinta, selamanya," tulis Instagram Pele menambahkan.


Ada satu rekor Pele yang hingga saat ini tidak mampu disamai ataupun dipecahkan. Rekor Pele tersebut mungkin tidak akan pernah dipecahkan dalam puluhan tahun ke depan.


Mendiang Pele meninggalkan banyak warisan hebat di dunia sepak bola. Banyak rekor yang diciptakan legenda yang memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu.


Salah satu rekor hebat yang dipegang Pele hingga meninggal adalah jumlah gelar Piala Dunia. Pele hingga kini masih menjadi pemain dengan gelar Piala Dunia terbanyak.


Pele tampil di empat Piala Dunia: 1958, 1962, 1966 dan 1970 dan menjadi juara di Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Hanya di Piala Dunia 1966 di Inggris Pele gagal menjadi juara setelah Brasil gagal lolos fase grup.


Rekor tiga gelar Piala Dunia milik Pele sangat sulit dipatahkan dan masih bertahan hingga saat ini. Pemain muda berstatus bintang saat ini macam Kylian Mbappe dan Julian Alvarez juga kemungkinan besar sulit mematahkan rekor itu.


Pele mendapatkan gelar Piala Dunia pertamanya di Swedia pada 1958. Ketika itu dia masih 17 tahun, namun sudah mampu menggemparkan dunia sepak bola. Pele mencetak enam gol, termasuk dua di final saat mengalahkan Swedia.


Di Piala Dunia 1962, Pele lebih banyak absen karena cedera usai pertandingan kedua. Sementara di Piala Dunia 1970 di Meksiko, Pele mampu mencetak empat gol dan membawa Brasil juara untuk kali ketiga dengan mengalahkan Italia 4-1 di final. (MC/NET)

Share:
Komentar

Berita Terkini