Irup Hari Bela Negara 2022, Bobby Nasution: Kehormatan Bagi Setiap Warga Negara

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 19 Desember 2022 - 18:09
kali dibaca
Ket Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadi inspektur upacara (irup), sedangkan Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kota Medan Rasyid Ridho Nasution bertindak sebagai komandan upacara. 

Mediaapakabar.com
Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 berlangsung penuh khidmat di halaman depan Balai Kota Medan, Senin (19/12/2022). Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadi inspektur upacara (irup), sedangkan Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kota Medan Rasyid Ridho Nasution bertindak sebagai komandan upacara. 

Selain Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, upacara yang mengusung tema "Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” ini turut dihadiri Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Asisten, Staf Ahli, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, Kepala Bagian, Camat dan lurah se-Kota Medan dan anggota Bela Negara Kota Medan. 


Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan UUD 1945 dan Ikrar Bela Negara. Setelah itu, Bobby Nasution menyampaikan  amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo. 


Dikatakannya, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara. Selain itu harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. 


Oleh karenanya, kata Bobby Nasution, seluruh warga negara harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara. 


Sebab, jelasnya, bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. 


“Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Bobby Nasution.


Lebih lanjut Bobby Nasution menyampaikan, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara. 


“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” ungkapnya.


Melalui peringatan Hari Bela Negara ke 74 Tahun 2022 ini, kata  Bobby Nasution, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam bela negara.


"Jadikan ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera," pesannya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini