Hasil Argentina Vs Prancis: Skor 2-2, Laga Berlanjut ke Extra Time

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 19 Desember 2022 - 00:32
kali dibaca
Ket Foto: Hasil Argentina Vs Prancis: Skor 2-2, Laga Berlanjut ke Extra Time.

Mediaapakabar.com
Laga Argentina vs Prancis di final Piala Dunia 2022 berlanjut ke babak perpanjangan waktu. 

Pertandingan Argentina vs Prancis di final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB, tuntas dengan skor 2-2 dalam waktu normal. 


Argentina unggul 2-0 terlebih dahulu berkat gol Lionel Messi (23') dan Angel Di Maria (36'). 

Namun, Perancis bisa menyamakan kedudukan menjelang laga tuntas melalui dua gol Kylian Mbappe pada menit ke-80 dan 81. 


Jalannya pertandingan Argentina vs Perancis 

Peluang pertama didapat Argentina pada menit keempat ketika Rodrigo De Paul memberikan assist kepada Julian Alvarez yang ada di depan mulut gawang. 


Bola bisa ditangkap kiper Prancis Hugo Lloris. Akan tetapi, pada saat bersamaan hakim garis juga mengangkat bendera tanda Alvarez dalam posisi offside.


Pada menit keenam, giliran Alexis Mac Allister yang melepaskan tendangan jarak jauh, tetapi bola hanya masuk ke pelukan Lloris. 


Perancis mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di dekat kotak 16. Namun, sundulan Olivier Giroud gagal mengarah ke gawang.


Argentina kemudian menerima hadiah penalti usai Ousmane Dembele menjatuhkan Angel Di Maria di kotak terlarang.


Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor berhasil menjebol gawang Prancis pada menit ke-23 dan sekaligus mencetak sejarah. 


Lionel Messi kini menjadi pesepak bola pertama yang mencetak gol di fase grup, 16 besar, perempat final, semifinal, dan final dalam satu edisi Piala Dunia. 


Argentina menggandakan keunggulan pada menit ke-36 melalui tendangan Angel Di Maria yang memanfaatkan umpan Mac Allister. 


Di sisi lain, tertinggal 0-2 membuat Perancis langsung melakukan perubahan. Pelatih Didier Deschamps menarik dua pemain sekaligus, yakni Ousmane Dembele dan Olivier Giroud. 


Mereka digantikan oleh Randal Kolo Muani dan Marcus Thuram. Akan tetapi, kehadiran kedua pemain pengganti itu belum berhasil memberikan dampak. 


Babak pertama pun tuntas dengan skor 2-0 untuk keunggulan Argentina. Adapun Perancis mengakhiri babak pertama tanpa berhasil menghasilkan satu pun tendangan. 


Rodrigo De Paul yang berada di sisi kanan kotak penalti Prancis melepaskan tembakan voli pada menit ke-49 setelah menerima umpan dari Angel Di Maria. 


Tendangannya mengarah ke gawang, tetapi Lloris dengan tenang melakukan penyelamatan sebelum Lionel Messi yang berada di dekatnya bisa menyambut bola. 


Perancis masih kesulitan membangun serangan hingga memasuki menit ke-60. Bahkan, tim berjuluk Les Bleus itu hampir kebobolan lagi pada periode tersebut. 


Julian Alvarez datang dari sisi kiri sambil melepaskan tendangan mendatar. Beruntung bagi Prancis, Lloris mampu menggagalkan peluang Alvarez. 


Menit ke-71, Kylian Mbappe mendapatkan ruang untuk mencetak gol. Namun, tendangannya masih melayang di atas mistar. 


Perancis baru bisa mencetak gol pada menit ke-80 melalui penalti Kylian Mbappe. Penalti diberikan setelah Nicolas Otamendi melanggar Randal Kolo Muani. 


Emiliano Martinez sejatinya bisa membaca arah bola, tetapi tendangan Mbappe melaju lebih cepat ke pojok kanan gawang. 


Situasi itu membuka keran gol Perancis. Hanya berselang satu menit, Mbappe kembali menjebol gawang Argentina. 


Semuanya bermula dari aksi Kingsley Coman yang mencuri bola dari Lionel Messi. Kylian Mbappe dan Marcus Thuram kemudian memainkan operan satu-dua. 


Bola kembali ke Mbappe yang langsung melepaskan tendangan voli tanpa bisa diantisipasi Emiliano Martinez. 


Perancis nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-90+4. Namun, tendangan Randal Kolo Muani berhasil diblok Martinez. 


Tidak ada gol lagi yang tercipta dan pertandingan pun tuntas dengan skor 2-2 dalam waktu normal. Dengan hasil ini, laga final dilanjutkan ke babak extra time. 


Susunan pemain Argentina vs Perancis

Argentina (4-4-2): 23-Emiliano Martinez; 26-Nahuel Molina, 13-Cristian Romero, 19-Nicolas Otamendi, 3-Nicolas Tagliafico; 11-Angel Di Maria (8-Marcos Acuna 64'), 7-Rodrigo De Paul, 24-Enzo Fernandez, 20-Alexis Mac Allister; 10-Lionel Messi, 9-Julian Alvarez.


Perancis (4-3-3): 1-Hugo Lloris; 5-Jules Kounde, 4-Raphael Varane, 18-Dayot Upamecano, 22-Theo Hernandez (25-Eduardo Camavinga 71'); 7-Antoine Griezmann (20-Kingsley Coman 71'), 8-Aurelien Tchouameni, 14-Adrien Rabiot; 11-Ousmane Dembele (12-Randal Kolo Muani 41'), 9-Olivier Giroud (26-Marcus Thuram 41'), 10-Kylian Mbappe. (KC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini