Emir Qatar Sang Penggila Bola Gelontorkan Rp 3.114 Triliun untuk Piala Dunia

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 20 Desember 2022 - 12:30
kali dibaca
Ket Foto: Sheikh Tamim bin Hamad bin Al Khalifa, penggila bola yang gelontorkan hingga Rp3.114 triliun untuk Piala Dunia 2022. (AP/Manu Fernandez)

Mediaapakabar.com
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani mencuri perhatian publik sejak negara yang dipimpin menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah pengeluaran untuk Piala Dunia. Qatar menggelontorkan dana hingga US$200 miliar atau sekitar Rp3.114 triliun.


"Negara kami menghabiskan sekitar US$200 miliar [atau Rp3.114 triliun] untuk menggelar acara ini [Piala Dunia]," kata Duta Besar Qatar untuk Rusia, Sheikh Ahmad bin Nasser, pada Oktober lalu, seperti dikutip TASS.


Menurut salah satu sumber pejabat Piala Dunia, Qatar dilaporkan bahkan menghabiskan hingga US$229 miliar atau Rp3.565 triliun untuk acara sepak bola global itu.


Dengan uang ribuan triliun itu, Qatar membangun sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan selama Piala Dunia 2022 berlangsung seperti tujuh stadion bola, hotel, dan memperluas bandara negara, jaringan kereta api, serta jalan raya.


Sheikh Tamim pun terus menjadi pembicaraan publik sejak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Pada penutupan pesta bola empat tahunan itu, Sheikh Tamim kembali menjadi sorotan terutama saat memberi jubah Bisht kepada Lionel Messi, usai Argentina menjadi juara.


Selain membela Argentina, Messi juga bermain di klub Paris Saint Germain (PSG). Klub ini dibeli lembaga Qatar sekitar satu dekade lalu.


Sementara itu, Messi bergabung dengan PSG pada Agustus 2021 lalu. Ia menandatangani kontrak dua tahun senilai 25 juta poundsterling atau sekitar Rp474 miliar.


"Saya senang memulai babak baru dalam karier saya di Paris Saint-Germain. Semuanya tentang klub yang cocok dengan ambisi sepak bola saya," kata Messi ketika itu, seperti dikutip Sky SPort.


PSG dibeli anak perusahaan Qatar Investment Authority (QIA), Qatar Sports Investments (QSI), pada 2011. Mereka kemudian membeli Zlatan Ibrahimovic, dan bersumpah bakal menjadikan klub ini sebesar Barcelona dan Real Madrid, demikian dikutip Talk Sport.


Reuters melaporkan QSI merupakan lembaga yang didukung negara dan didirikan oleh Sheikh Tamim


Nasser Al-Khelaifi kemudian diangkat menjadi presiden ke-17 klub tersebut. Ia bersumpah akan mengembangkan klub menjadi pemain utama di panggung sepak bola Eropa dan internasional.


Selama beberapa tahun terakhir, PSG menunjukkan kemajuan di dunia sepak bola, baik di Prancis maupun Eropa. Pada 2020 lalu, PS masuk ke final Liga Champion, untuk pertama kalinya dalam 50 tahun, demikian dikutip situs resmi PSG.


Al-Khelaifi disebut dekat dengan Sheikh Tamim. Dia juga dirumorkan menjadi perantara pemimpin Qatar itu untuk membeli PSG.


Tak hanya menguasai PSG, QSI juga dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham di klub sepak bola Inggris, Leeds United, pada 2019 lalu.


"Qatar Sports Investments akan memasuki Sepak Bola Inggris, dan Leeds adalah klub pilihan mereka," kata sumber seperti dikutip Financial Times. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini