Belanda Hajar AS 3-1, Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022

REDAKSI
Sabtu, 03 Desember 2022 - 23:58
kali dibaca
Ket Foto: Timnas Belanda lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang 3-1 atas Amerika Serikat di babak 16 besar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Sabtu (3/12/2022).

Mediaapakabar.com
Timnas Belanda lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang 3-1 atas Amerika Serikat di babak 16 besar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Sabtu (3/12/2022).

Amerika Serikat lebih banyak melakukan penguasaan bola di babak pertama dan kedua laga ini. Namun Belanda lebih jeli dan tajam dalam penyelesaian akhir.


Tiga gol kemenangan Belanda dicetak Memphis Depay, Daley Blind, dan Denzel Dumfries. Sementara Amerika hanya mampu mencetak satu gol melalui Haji Wright.


Gol pertama dicetak Depay pada menit sepuluh. Menerima umpan silang dari Dumfries, Depay dengan mudah melepaskan tendangan ke pojok kanan gawang AS yang dikawal Matt Turner. Ini adalah kali pertama timnas AS kebobolan lewat skema open play di Piala Dunia 2022.


De Oranje kemudian menggandakan keunggulan saat injury time babak pertama. Lagi-lagi umpan tarik Dumfries dari sisi kanan menjadi penentu, kali ini dimanfaatkan Daley Blind untuk mencetak gol kedua Belanda. 2-0 untuk Belanda bertahan hingga akhir babak pertama.


Pertandingan babak kedua lebih hidup. Amerika Serikat nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-49 lewat Tim Ream yang mendapat umpan Weston McKennie di dalam kotak penalti. Bola sontekan Ream tidak sempurna, tapi berjalan ke gawang Belanda sebelum dibuang Cody Gakpo sebelum masuk gawang.


Satu menit kemudian Belanda nyaris unggul 3-0 ketika Walker Zimmerman hampir melakukan gol bunuh diri saat mengantisipasi umpan silang Denzel Dumfries. Beruntung kiper Matt Turner melakukan penyelamatan gemilang.


Belanda kembali mendapatkan peluang pada menit ke-61. Lagi-lagi Turner menjadi penyelamat Amerika Serikat ketika menepis tendangan Depay.


Setelah beberapa peluang, Amerika akhirnya memperkecil kedudukan 1-2 pada menit ke-76 lewat gol Haji Wright. Pemain klub Turki, Antalyaspor, itu menciptakan gol yang terbilang hoki.


Menerima umpan Christian Pulisic dari sisi kanan, Wright berusaha melepaskan tendangan menggunakan bagian dalam kaki kanan. Tendangan Wright tidak sempurna. Bola justru melambung ke sisi belakang Wright dan bersarang ke pojok kanan gawang Belanda yang dikawal Andries Noppert.


Denzel Dumfries berusaha membuang bola sebelum masuk ke gawang Belanda, namun gagal, dan Amerika Serikat pun memperkecil kedudukan 1-2.


Belanda tidak panik setelah AS mencetak gol. Pada menit ke-81 tim asuhan Louis van Gaal itu kembali menjauh lewat gol Dumfries. Tidak terkawal di kotak penalti AS, pemain Inter Milan itu mencetak gol setelah menerima umpan Depay.


Skor 3-1 untuk Belanda bertahan hingga laga usai.


Di babak perempat final Belanda akan menghadapi pemenang antara Argentina vs Australia.


Susunan Pemain

Belanda: Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten De Roon (Steven Bergwijn, 46'), Frenkie De Jong, Daley Blind; Davy Klaassen (Teun Koopmeiners, 46'); Cody Gakpo, Memphis Depay (Xavi Simons, 82').


Amerika Serikat: Matt Turner; Sergino Dest (DeAndre Yedlin, 76'), Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson; Weston McKennie (Haji Wright, 67'), Tyler Adams, Yunus Musah; Timothy Weah (Brenden Aaronson, 67'), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna, 46'), Christian Pulisic. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini