BBKSDA Sumut Evakuasi Buaya Sepanjang 3 Meter dari Rumah Warga di Sei Rampah

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 14 Desember 2022 - 20:07
kali dibaca

Mediaapakabar.com
- Seekor buaya dengan panjangnya hampir 3 meter berhasil dievakuasi Petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut dari rumah warga di Dusun IX, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Selasa (13/12/2022).

Informasi dihimpun, buaya berjenis kelamin jantan dari jenis buaya muara tersebut selama ini dipelihara warga bernama Bambang di dalam bak air di belakang rumahnya, mulai dari ukuran kecil sejak 20 tahun lalu hingga sekarang panjangnya mencapai 3 meter.


Menurut Bambang, awalnya buaya ini peliharaan almarhum orang tuanya bersama dengan beberapa hewan lain seperti monyet, ular, ikan, burung. 


Namun seluruh hewan itu sudah mati dan tinggal buaya muara yang kemudian terus dipeliharanya.Bambang mengaku tidak mampu lagi memberi makan buaya ini dan merasa khawatir sewaktu-waktu hewan ini lepas dan mengancam keselamatan orang lain. 


Apalagi situasi banjir yang melanda saat ini. Kemudian ia pun melaporkannya ke kepala dusun dan sampai ke camat.Oleh Camat Sei Rampah, Rahmad Suhendra Damanik, keberadaan buaya ini dilaporkan ke Satpol PP lalu diteruskan ke BBKSDA Sumut.


Pihak BBKSDA yang mendapat informasi akhirnya turun ke rumah Bambang dan dibantu warga melakukan penangkapan. Mulut dan keempat kaki buaya diikat dengan tali hingga tak bisa bergerak.


Setelah ditangkap, buaya berukuran besar tersebut akhirnya dengan beramai-ramai diangkat oleh warga dibawa ke mobil untuk selanjutnya oleh BBKSDA dievakuasi ke penangkaran buaya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini