Babak Pertama Final Piala Dunia 2022: Argentina Vs Prancis 2-0, Lionel Messi dan Di Maria Cetak Gol

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 18 Desember 2022 - 23:00
kali dibaca
Ket Foto: Para pemain Argentina merayakan gol penalti Lionel Messi.

Mediaapakabar.com
Timnas Argentina berhasil unggul 2-0 atas Prancis pada babak pertama final Piala Dunia 2022. Bertanding di Lusail Iconic Stadium pada Ahad, 18 Desember 2022, La Albiceleste berhasil mencetak dua gol lewat penalti Lionel Messi pada menit ke-23 dan sontekan Angel Di Maria pada menit ke-36.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni melakukan sejumlah perubahan dalam pertandingan melawan Prancis. Ia memasang Angel Di Maria pada susunan pemain utama dengan menggunakan formasi 4-3-3. 


Ini menjadi kali pertama pemain Juventus itu menjadi pemain utama di fase gugur. Bersama Julian Alvarez dan Lionel Messi, ia menjadi tiga pemain andalan menggedor pertahanan Prancis.


Di kubu Prancis, pelatih Didier Deschamps memasang bek tengah Dayot Upamecano dan Adrien Rabiot setelah keduanya sembuh dari sakit yang memaksa mereka absen pada laga semifinal melawan Maroko. 


Upamecano dipasangkan dengan Raphael Varane yang juga sempat mengalami gejala mirip flu.


Di lini depan, Deschamps mengandalkan Olivier Giroud. Penyerang AC Milan itu diapit oleh Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele di kedua sayap.


Jalannya Pertandingan


Perubahan formasi Scaloni membuat Argentina bermain menyerang sejak awal pertandingan. Lima menit berjalan, Alexis Mac Allister memiliki peluang setelah mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti Prancis. Namun, tendangan kerasnya masih berada tepat di pelukan kiper Hugo Lloris.


Hingga menit ke-15, Argentina juga memiliki peluang lewat Rodrigo de Paul dan Angel Di Maria. Namun, dua peluang tersebut masih gagal menjadi gol. Tendangan De Paul masih mengenai kaki Varane, sedangkan sepakan Di Maria masih melambung tinggi. Argentina mendominasi 55 persen penguasaan bola hingga menit ke-15.


Argentina mendapatkan momentum untuk mengungguli Prancis setelah Ousmane Dembele melakukan pelanggaran terhadap Di Maria yang melakukan tusukan dari sisi sayap kanan pertahanan Les Bleus. Wasit Syzmon Marciniak menunjuk titik putih. Messi, yang menjadi algojo, dengan tenang mengonversi penalti menjadi gol.


Prancis berusaha keluar dari tekanan Argentina setelah gol tersebut. Namun, Tim Tango justru bermain lebih berani menguasai bola meski tak banyak menciptakan peluang. Hingga menit ke-35, dominasi penguasaan bola Argentina meningkat menjadi 60 persen.


Petaka untuk Prancis datang pada menit ke-36. Alih-alih membongkar pertahanan Argentina, serangan justru berbalik. Messi mengirimkan umpan kunci kepada Mac Allister yang berhasil menerobos pertahanan Les Bleus yang kedodoran. Mac Allister mengoper bola kepada Di Maria yang tak terkawal. Sontekannya membuat Argentina unggul 2-0.


Melihat timnya tertekan, Deschamps langsung membuat perubahan pada menit ke-40. Ia memasukkan dua penyerang sekaligus: Randal Kolo Muani dan Marcus Thuram untuk menggantikan Olivier Giroud dan Dembele. Setelah injury time tujuh menit, skor 2-0 untuk Argentina bertahan hingga turun minum. (TC/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini